ANALISIS INTERAKSI PARASOSIAL PENGGEMAR DAN IDOL K-POP DALAM PENGGUNAAN NEW MEDIA WEVERSE (STUDI PADA KOMUNITAS NCTZEN BANDUNG) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

BINTANG VIRLY NAZWA SABILAH

Informasi Dasar

142 kali
25.04.4761
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hadirnya media baru dalam ranah informasi dan komunikasi melahirkan banyak kemudahan termasuk interaksi antar penggemar dan idolanya dalam fenomena K-pop. Media baru seperti Weverse, memberikan peluang besar bagi penggemar untuk berinteraksi secara lebih personal. Penelitian ini menyoroti interaksi parasosial penggemar K-pop, khususnya komunitas NCTZEN Bandung, dengan idolanya melalui penggunaan platform media baru Weverse. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana interaksi parasosial terbentuk melalui tiga dimensi utama, yaitu Task Attraction, Romantic Attraction, dan Identification Attraction, sebagaimana dijelaskan oleh Stever (2013), serta mengukur tingkat keterlibatan penggemar melalui teori Celebrity Worship (Maltby et al., 2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Weverse memfasilitasi interaksi parasosial melalui konten eksklusif yang memperkuat ilusi kedekatan emosional antara penggemar dan idola. Munculnya keterikatan emosional penggemar dipengaruhi oleh dimensi seperti Task Attraction, Romantic Attraction, dan Identification Attraction. Dalam Celebrity Worship, penggemar berada pada tingkat Entertainment-Social dan Intense-Personal Feeling, dengan kecenderungan menuju Borderline-Pathological. Penelitian ini berkontribusi pada kajian komunikasi massa dengan menyoroti peran media baru dalam membentuk interaksi parasosial dan menawarkan wawasan praktis bagi penggemar untuk mengelola keterlibatan mereka secara sehat.

Subjek

NEW MEDIA
 

Katalog

ANALISIS INTERAKSI PARASOSIAL PENGGEMAR DAN IDOL K-POP DALAM PENGGUNAAN NEW MEDIA WEVERSE (STUDI PADA KOMUNITAS NCTZEN BANDUNG) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 136p.: il,; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BINTANG VIRLY NAZWA SABILAH
Perorangan
Oki Achmad Ismail, Fiqie Lavani Melano
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EAK4FAB4 - Fandom dan Budaya Populer
  • EAK1EAB3 - Komunikasi Massa dan MediaBaru

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini