PERENCANAAN PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS PADA HOTEL (PENGINAPAN) AMURA PRATAMA GUEST HOUSE DI KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISA SWOT MATRIKS DAN IE MATRIKS

MIFTAHUDDIN USMAN

Informasi Dasar

15.04.143
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang menarik banyak wisatawan yang dapat dijadikan sebagai peluang oleh pelaku usaha bidang Industri Hotel (penginapan). Jumlah hotel di Kota Bandung tergolong banyak dengan berbagai tipe, salah satunya adalah Amura Pratama yang berlokasi di Jl. Sultan Tritayasa nomor 45.Amura Pratama perlu memiliki strategi terbaik yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan saat ini.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi Amura Pratama dalam Industri Penginapan di Kota Bandung dan rencana strategi bisnis yang seharusnya digunakan oleh penginapan Amura Pratama.Amura Pratama merupakan penginapan tipe one Jasmine, terdapat tantangan yang dihadapi diantaranya tenaga kerja yang dimiliki masih sedikit, pemasaran yang mengandalkan melalui mulut ke mulut seperti pelanggan yang pernah menginap mempromosikan dan menyebarluaskan ke kerabat ataupun keluarga lainnya, hal ini berpengaruh kepada jumlah pelanggan dan pengetahuan Wisatawan terhadap Amura Pratama. Ini menunjukkan Amura Pratama belum memiliki strategi yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Untuk menyusun formulasi strategi terbaik menggunakan EFEMatrix, CPM, IFEMatrix, SWOT, IE MatrixdanQSPM.Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam,sedangkan data sekunder melalui observasi, studi dokumentasi, studi pustaka dan akses internet.Terdapat 10 narasumber yang dipilih dengan metode snowball sampling. Hasil yang diperoleh adalah jumlah EFE Matriks 2,857 dan IFE Matriks 2,435 yang menempatkan perusahaan pada kuadran V. Terdapat dua alternatif strategi yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil dari QSPM menyatakan bahwa strategi terbaik yang dapat digunakan adalah penetrasi pasar.Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan Amura Pratama dengan menggunakan strategi penetrasi pasar yaitu menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, memanfaatkan teknologi dalam promosi dengan membuat web, menetapkan target pasardengan segmentasi pada demografi pelanggan yaitu wisatawan kota Bandung, serta melakukan survey kepada pelanggan dalam tiga bulan sekali agar dapat menyesuaikan dengan kemauan dan keinginan pelanggan baik fasilitas, layanan serta lokasi . Kata kunci: Manajemen Strategi, Bisnis, Formulasi Strategi.

Subjek

SRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

PERENCANAAN PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS PADA HOTEL (PENGINAPAN) AMURA PRATAMA GUEST HOUSE DI KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISA SWOT MATRIKS DAN IE MATRIKS
 
var.p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTAHUDDIN USMAN
Perorangan
Farah Alfanur
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini