RANCANG BANGUN SISTEM PENGATURAN FLAP PESAWAT BERBASIS FUZZY LOGIC MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER (DESIGN OF FUZZY LOGIC BASED FLAP PLANE CONTROL USING MICROCONTROLER)

MANGIDOASI SIHOMBING

Informasi Dasar

15.04.340
621.391 6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Flap adalah penampang yang terdapat pada bagian belakang sayap pesawat yang dapat bergerak naik turun. Flap pada pesawat berfungsi sebagai gaya angkat pesawat pada saat melakukan take off dan sebagai pengereman pada saat landing. Pada saat pesawat melakukan take off, sudut flap pada umunya akan terbuka antara 0 sampai 40 derajat tergantung besar daya angkat yang dibutuhkan. Besar daya angkat pesawat berbanding lurus dengan besar sudut flap, artinya jika sudut flap terbuka semakin besar berarti daya angkat yang dibutuhkan semakin besar juga, demikian sebaliknya. Saat ini flap pesawat dikendalikan secara manual oleh pilot, akan tetapi kecelakaan pesawat kerap terjadi karena adanya faktor human error yang mengakibatkan kecelakaan pada pesawat. Hal tersebut mendorong penelitian tugas akhir ini untuk mengontrol flap pesawat secara otomatis berdasarkan besar kecepatan pesawat saat take off Pada saat pesawat take off , maka akan dibutuhkan keselarasan antara besar sudut flap yang terbuka terhadap kecepatan pesawat. Adapun tugas akhir ini yaitu untuk mengendalikan flap pesawat secara otomatis berdasarkan besar kecepatan pesawat dengan metode Fuzzy Logic. Teknik ini akan diterapkan pada sebuah pemodelan pesawat terbang. Adapun masukannya yaitu sebuah GPS (Global Positioning System) yang berfungsi untuk mendeteksi kecepatan. Dari sisi controller yang digunakan yaitu Arduino Uno. Dimana arduino akan memberi perintah pada motor servo dan motor servo akan menggerakkan model flap pesawat. Dari pengujian diperoleh bahwa jika kecepatan pesawat saat take off diatas 40 km/jam maka sudut flap yang diperlukan yaitu 10 derajat, tetapi jika kecepatan pesawat antara 10 km/jam sampai 40 km/jam makas sudut flap juga akan terbuka antara 10 derajat sampai 40 derajat. Kata Kunci: GPS (Global Positioning System),Fuzzy logic, Take off, Landing Komentar : ?

Subjek

MICROPROCESSORS - MICROCONTROLLERS
 

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM PENGATURAN FLAP PESAWAT BERBASIS FUZZY LOGIC MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER (DESIGN OF FUZZY LOGIC BASED FLAP PLANE CONTROL USING MICROCONTROLER)
 
var.p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MANGIDOASI SIHOMBING
Perorangan
Erwin Susanto, Budi Setiado
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini