Process Mining Pada Proses Pengadaan Barang dan Jasa Dengan Menggunakan Algoritma Heuristic Miner (Studi Kasus : Unit Logistik Telkom Engineering School)

SABILA AZKA

Informasi Dasar

15.04.519
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Process mining merupakan suatu teknik yang digunakan untuk membantu menyelesaikan suatu permasalahan yang ada pada suatu proses. Suatu instansi pendidikan pasti memiliki proses Pengadaan Barang dan Jasa. Evaluasi proses bisnis pada Pengadaan Barang dan Jasa menggunakan teknik process mining diharapkan dapat menemukan informasi mengenai letak kesalahan dari alur proses bisnis ini dan memberikan saran perbaikan model sistem proses Pengadaan Barang dan Jasa yang sudah ada untuk meningkatkan performansi proses bisnis ini. Penelitian ini menggunakan data event log dari proses Pengadaan Barang dan Jasa di Unit Logistik Telkom Engineering School sebagai input pada saat melakukan teknik process mining. Hasil dari penelitian ini berupa gambaran model proses baru dengan perubahan alur pada aktivitas ‘Pengajuan permintaan spesifikasi barang dan jasa’ yang dapat dilakukan tanpa melalui aktivitas ‘Mengidentifikasi kebutuhan barang yang diperlukan oleh Fakultas’ dan ‘Menetapkan barang dan jasa yang akan diajukan untuk pengadaan’ terlebih dahulu, dan saran penggunaan waktu dalam melaksanakan tiap aktivitas.

Kata kunci : Process mining, Event log, Pengadaan Barang dan Jasa, Heuristic Miner

Subjek

Data mining-advanced topics
 

Katalog

Process Mining Pada Proses Pengadaan Barang dan Jasa Dengan Menggunakan Algoritma Heuristic Miner (Studi Kasus : Unit Logistik Telkom Engineering School)
 
var.p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SABILA AZKA
Perorangan
Angelina Prima Kurniati, Imelda Atastina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini