Pengaruh Electronic Word of Mouth Pada Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen What's Up Cafe Burangrang Bandung)

IFFATUL HABIBAH

Informasi Dasar

17.04.445
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya internet di Indonesia menyebabkan banyak perusahaan memanfaatkan internet sebagai sarana untuk memasarkan produknya, perusahaan dapat membangun jaringan untuk menciptakan electronic word of mouth yang baik mengenai penawaran pasar mereka. Electronic word of mouth banyak digunakan melalui social media, salah satunya adalah Instagram, Hal ini pula yang dilakukan oleh What’s Up Cafe dimana social media dimanfaatkan dalam strategi promosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth pada social media instagram yang terdiri dari intensity, valence of opinion dan content terhadap keputusan pembelian konsumen What’s Up Cafe Burangrang Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian berupa studi deskiptif dan kausal. Jenis data yang dibutuhkan untuk penelitian adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data untuk penelitian adalah wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis insidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden yang telah mengkonsumsi produk What’s Up Cafe Burangrang Bandung. Kemudian, untuk analisis data digunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 20. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan variabel electronic word of mouth pada social media instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen What’s Up Cafe Burangrang Bandung. Hasil uji hipotesis secara parsial didapat sub variabel intensity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen What’s Up Cafe Burangrang Bandung, sub variabel valence of opinion tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen What’s Up Cafe Burangrang Bandung, dan sub variabel content berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen What’s Up Cafe Burangrang Bandung. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 19% dan sisanya sebesar 81% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Berganda

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

Pengaruh Electronic Word of Mouth Pada Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen What's Up Cafe Burangrang Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IFFATUL HABIBAH
Perorangan
Ai Lili Yuliati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini