PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), CURRENT RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN ( STUDI PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2014 )

TUBAGUS ARIA MAULANA IHSAN

Informasi Dasar

17.04.684
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen sebuah perusahaan memiliki dampak penting bagi banyak pihak yang terlibat di masyarakat. Bagi para pemegang saham atau investor kebijakan dividen cenderung lebih menarik perhatian bagi pemegang saham, hal ini karena dividen yang diperoleh tersebut merupakan salah satu bentuk cerminan kepastian nilai yang diperoleh atas modal yang disetorkan. Sedangkan, bagi pihak manajemen dividen merupakan arus kas keluar yang mengurangi kas perusahaan. Kebijakan dividen suatu perusahaan dapat digambarkan oleh Dividend Payout Ratio Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio dan Ukuran Perusahaan terhadap kebijakan dividen yang diukur menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR), baik secara parsial maupun simultan dan merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan subsektor property dan real estate. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan diperoleh 9 perusahaan selama lima tahun, yaitu dari tahun 2010 sampai 2014. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) memiliki nilai prob sebesar 0.5445 lebih besar dari taraf signifikansi 5% yang artinya DER tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, Current Ratio memiliki nilai prob sebesar 0.5627 yang berada di atas taraf signifikansi sebesar 5% yang artinya Currrent Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dan Ukuran Perusahaan memiliki nilai prob. sebesar 0.0035 yang berada di bawah taraf signifikansi sebesar 5% dan memiliki nilai koefisien negatif yang artinya ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan, secara simultan Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Bagi perusahaan subsektor property dan real estate dapat mengambil keputusan terkait pembayaran dividen. Bagi investor, hasil penelitian ini yaitu harga saham dapat digunakan dalam salah satu dasar pengambilan keputusan investasi. Kata kunci : Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio, Ukuran Perusahaan, kebijakan dividen

Subjek

Management-accounting
 

Katalog

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), CURRENT RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN ( STUDI PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2014 )
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TUBAGUS ARIA MAULANA IHSAN
Perorangan
Muhammad Rafki Nazar, Hendratno
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini