PERBAIKAN LAYANAN T-CASH DI BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

SEPTI AYU DWINTAMI

Informasi Dasar

112070072
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telkomsel Cash (T-Cash) merupakan layanan mobile wallet yang memungkinkan ponsel berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash). Saat ini jumlah pelanggan T-Cash masih cukup rendah dibandingkan target perusahaan. Oleh karena itu, Telkomsel masih perlu secara terus-menerus melakukan pengembangan dan evaluasi layanan TCash, hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja T-Cash yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan produk yaitu Quality Function Deployment (QFD). QFD adalah metode pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengevaluasi kapabilitas produk dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen (Cohen, 1995). Responden penelitian yang digunakan berjumlah 63 responden di Bandar Lampung. Dari hasil pengolahan data pada penelitian ini didapat 22 atribut kebutuhan pelanggan yang terdiri dari 9 atribut dimensi responsiveness, 6 atribut dimensi tangibles, dan 7 atribut dimensi communication, 28 karakteristik teknis dan 18 critical part. Berdasarkan hasil analisis, rekomendasi diberikan pada karakteristik teknis yang memiliki nilai kontribusi yang tinggi. Perbaikan produk pun mempertimbangkan product benchmark yaitu Duit Pos Multiguna sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Usulan perbaikan yang diberikan kepada Telkomsel adalah pengadaan service training, penambahan jenis media informasi dan penambahan jenis informasi yang diberikan oleh Telkomsel. Penelitian ini mampu menghasilkan atribut kebutuhan dari dimensi responsiveness, tangibles, communication dari T-Cash yang menjawab kebutuhan pelanggan serta memberi usulan sesuai dengan prioritas kebutuhan.
Penelitian selanjutnya dapat dilakukan hingga iterasi ke-4 dalam QFD, dapat menggunakan dimensi Servqual lainnya yaitu reliabilty dan assurance, serta memperhatikan pula aspek biaya, sehingga dapat memberikan masukan yang lebih baik bagi perusahaan.
T-Cash, Layanan, Quality Function Deployment (QFD).

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERBAIKAN LAYANAN T-CASH DI BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SEPTI AYU DWINTAMI
Perorangan
DR. LUCIANA ANDRAWINA; AMELIA KURNIAWATI, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini