Perancangan Information Technology Service Management (ITSM) Architecture Berbasis TOGAF 9.1 ADM dan ITIL V3 Service Design (Studi Kasus: Telkom University)

Muhamad Mulya Fuadi Agisna

Informasi Dasar

116102113
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Information Technology Service Management(ITSM) memungkinkan suatuorganisasi memberikan penyampaian dan dukungan terhadap layanan TI-nya menjadi lebih adaptif, fleksibel, efektif dalam pembiayaan, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal. ITSM merupakan penggerak tujuan terlaksananya tata kelola dan manajemen teknologi informasi.ITSM dilakukan oleh penyedia layanan TI yang meliputi aspek orang, proses, teknologi informasi, dan partner. ITSM tepat untuk diadopsi oleh berbagai jenis organisasi yang menginginkan efektivitas dan efisiensi dalam penyampaian layanan TI, seperti organisasi di bidang perbankan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan,yayasan, dan lain sebagainya.
Telkom University adalah perguruan tinggi swasta yang berdiri di tahun 2013, yang merupakan gabungan dari empat perguruan tinggi sebelumnya di bawah Telkom Foundation. Telkom Unive rsity bercita-cita di tahun 2017 menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi. Sebagaimana Telkom University yang saat ini masih dalam tahap transisi dan stabilisasi, Direktorat Sistem Informasi sebagai unit TI resmi dan satu-satunya di Telkom University, juga mengalami hal demikian. Unit-unit TI yang awalnya berada di bawah koordinasi masing-masing perguruan tinggi sebelum adanya penyatuan, memiliki struktur organisasi dan pengelolaan layanan TI yang berbeda, baik akademik dan non-akademik. Didasari hal tersebut, penerapan ITSM inisial di dalam proses penyampaian layanan TI kepada pelanggan internal dan eksternal universitas tepat untuk dilakukan.
Terdapat beberapa kerangka kerja yang mendefinisikan panduan, praktik terbaik, dan standar untuk ITSM, salah satunya adalah Information Technology Infrastructure Library (ITIL). ITSM Architecture memberikan gambaran holistik mengenai kapabilitas dan sumber daya manajemen layanan teknologi informasi yang dimiliki organisasi.
Perancangan ITSM Architecture ini dilakukan dengan pendekatan enterprise architecture dan proses-proses di dalam ITSM. Keluaran dari ITSM Architecture ini dijadikan sebagai panduan dalam langkah awal implementasi ITSM di organisasi. Perancangan ITSM Architecture untuk Direktorat Sistem Informasi Telkom University ini menghasilkan cetak biru untuk arsitektur layanan dan arsitektur infrastruktur TI. Arsitektur layanan yang dirancang meliputi service catalog, service pipeline, service level agreement (SLA), dan ITSM Architecture. Arsitektur infrastruktur TI yang dirancang meliputi rekomendasi infrastruktur TI dan topologi jaringannya. ITSM, arsitektur, ITIL

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Perancangan Information Technology Service Management (ITSM) Architecture Berbasis TOGAF 9.1 ADM dan ITIL V3 Service Design (Studi Kasus: Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhamad Mulya Fuadi Agisna
Perorangan
Rahmat Mulyana, ST., MT., MBA.; Dedy Rahman Wijaya, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini