PENGEMBANGAN SISTEM PENJUALAN PADA UMKM KONVEKSI DAN SABLON BERBASIS OPEN SOURCE E-COMMERCE DENGAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC)

FATWA ALAMSYAH

Informasi Dasar

17.04.1610
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahun. Pemanfaatan internet oleh para penggunanya juga semakin luas, salah satunya adalah untuk transaksi jual-beli. Dengan potensi ekonomi digital yang terus tumbuh, pemerintah haruslah cepat membuat program untuk pemanfaatan pertumbuhan ekonomi digital. Agar dapat bermanfaat bagi perekonomian dalam negeri terutama UMKM, sebanyak 8 ribu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ditargetkan “Go Online” guna menyongsong ekonomi digital. Namun mengingat setiap UMKM memliki karakteristik yang berbeda dalam setiap produk dan penjualannya, belum ada layanan web yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini akan menganalisis proses bisnis UMKM yang sedang berjalan dan membuat rekomendasi sistem penjualan yang cocok dengan kebutuhan karakteristik UMKM menggunakan metode System Development Life Cycle dengan tools flowmap diagram, context diagram, data flow diagram, dan entity relationship diagram. Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa hasil wawancara terhadap informan dari UMKM Sentra Kaos Suci Bandung. Serta data sekunder berupa buku-buku, artikel, penelitian terdahulu, dan jurnal referensi yang terkait pada masalah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, UMKM Sentra Kaos Suci Bandung belum semuanya melakukan penjualan via online, karena keterbatasan kemampuan dan belum ada layanan yang memenuhi kebutuhan karakteristik UMKM. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi sistem penjualan yang sesuai dengan kebutuhan UMKM serta merancang prototype web menggunakan open source e-commerce yaitu wordpress.

Subjek

SYSTEMS DESIGN & DEVELOPMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM PENJUALAN PADA UMKM KONVEKSI DAN SABLON BERBASIS OPEN SOURCE E-COMMERCE DENGAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATWA ALAMSYAH
Perorangan
Yudi Priyadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini