PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2015)

RYSSA AGHNIYA RIZQYANA

Informasi Dasar

17.04.3248
332
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam perusahaan, struktur modal merupakan gambaran dari bentuk proporsi finansial yaitu antara modal yang dimiliki yang bersumber dari modal sendiri dan total utang yang menjadi sumber pembiayaan suatu perusahaan. Jika struktur modal yang digunakan berasal dari pendanaan eksternal yaitu hutang, akan meningkatkan risiko gagal bayar dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal. Popoulasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 13 perusahaan dengan kurun waktu 5 tahun sehingga didapat 65 sampel yang diobservasi. Model analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 8.0. Dari penelitian ini didapatkan hasil kombinasi antara variabel independen struktur aktiva, ukuran perusahaan dan profitabilitas mampu menjelaskan variasi dari variabel independen yaitu struktur modal sebesar 81,151%, dan sisanya 18,849% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukkan secara simultan variabel independen yaitu struktur aktiva, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Dari hasil pengujian secara parsial didapatkan hasil yang menunjukkan variabel struktur aktiva memliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap struktur modal dan profitabilitas berpengaruh signifikan secara negatif terhadap struktur modal. Kata Kunci: Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYSSA AGHNIYA RIZQYANA
Perorangan
BRADY RIKUMAHU, HENDRATNO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini