Pengaruh Individu, Organisasi, Dan Teknologi Terhadap Knowledge Sharing Di Perusahaan (Studi Kasus PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk.)

M IHSAN PERMADI

Informasi Dasar

17.04.3737
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Di era globalisasi tenaga kerja yang dibutuhkan tidak lagi berdasar kuantitas, melainkan kualitas, sehingga kemudian muncul istilah knowledge worker. Knowledge worker ini memberikan nilai tambah dan peningkatan produktivitas yang lebih signifikan. Dalam perusahaan, peran sumber daya manusia yaitu para anggota perusahaan sebagai knowledge worker sangat penting karena merupakan salah satu faktor penentu suksesnya implementasi knowledge sharing.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan alat bantu kuesioner dengan skala pengukuran Likert yang disebar kepada 105 responden yang merupakan karyawan tetap PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode quota sampling dengan error level sebesar 10%. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis jalur (path analysis). Variabel yang diteliti adalah faktor individu, faktor organisasi dan faktor teknologi terhadap knowledge sharing.

Hasil penelitian ini meneunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari individu, organisasi, dan teknologi terhadap knowledge sharing, dengan besaran pengaruh variabel individu, organisasi, dan teknologi terhadap knowledge sharing karyawan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk 86,66% dan sisanya 13,44% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti yang mempengaruhi knowledge sharing. Secara parsial juga, terdapat pengaruh yang signifikan dari individu, organisasi, dan teknologi terhadap knowledge sharing baik secara langsung mapun tak langsung, besaran pengaruh individu terhadap knowledge sharing sebesar 11,12%, organisasi terhadap knowledge sharing sebesar 81,13%, dan teknologi terhadap knowledge sharing sebesar -6%.

Saran bagi lembaga memaksimalkan reward and punishment, seperti: bonus bagi karyawan yang melakukan knowledge sharing, promosi jabatan bagi karyawan yang telah mendorong knowledge sharing di PT.KS, jaminan kerja bagi knowledge worker,dll.

Kata kunci: Sumber Daya Manusia, Knowledge Management, Knowledge Sharing, Analisis Jalur (path analysis).

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Individu, Organisasi, Dan Teknologi Terhadap Knowledge Sharing Di Perusahaan (Studi Kasus PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk.)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M IHSAN PERMADI
Perorangan
ADE IRMA SUSANTY
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini