PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE SOSIAL MENCEGAH BANJIR DENGAN METODE LUBANG RESAPAN BIOPORI

FADLI DWI AGUSETIYADI

Informasi Dasar

17.04.4084
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE SOSIAL MENCEGAH BANJIR DENGAN METODE LUBANG RESAPAN BIOPORI Oleh Fadli Dwi Agusetiyadi NPM: 108300017 Masalah banjir di Jakarta sejak dulu sampai sekarang masih merupakan masalah yang belum terselesaikan. Berhubungan kota Jakarta sebagai pusat pertumbuhan perekonomian maka masalah banjir ini mempengaruhi tata kehidupan, baikdari segi ekonomi, sosial, budaya maupun politik. Salah satu metode untuk mencegah banjir adalah lubang resapan biopori berbentuk vertikal dengan diameter 10 centimeter dengan dalam 1 meter yang akan mengalirkan air kedalam tanah agar tidak menggenang dipermukaan tanah. Namun metode lubang resapan biopori belum dikenal masyarakat, oleh sebab itu kampanye sosial mencegah banjir dengan metode lubang resapan biopori ini dibuat.

Teknik pengumpulan data pada kampanye ini menggunakan teknik wawancara, observasi, kuesioner dan studi pustaka sedangkan segmentasi utama dari kampanye ini adalah masyarakat menengah ke bawah, pria dan wanita usia muda khususnya remaja hingga usia 50 tahun. Dengan tujuan membangkitkan kepedulian masyarakat akan pentingnya lubang resapan biopori.

Media visual merupakan sarana komunikasi yang tepat untuk memberikan informasi dan menarik perhatian masyarakat, untuk menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya pembuatan lubakan kepedulian resapan biopori.

Perancangan media visual ini menggunakan konsep yang sederhana dengan lebih menekankan visualisasi dan informasi disetiap media kampanye. Konsep dasar dari kampanye ini menggunakan konsep “illustration of benefit from the use of the product or a loss” (menggambarkan keuntungan menggunakan produk dan kerugian jika tidak menggunakannya).. Visualisasi dalam media ini bergaya sederhana dengan lebih banyak menampilkan visual yang berkaitan langsung dengan dampak tidak membuat lubang resapan biopori. Warna yang dominan pada media-media kampanye ini adalah warna putih dan warna hijau untuk menampilkan kesan kepedulian terhadap lingkungan pada setiap media kampanye ini.

Media-media kampanye yang digunakan untuk tugas akhir ini meliputi media Attention ( poster dan brosur ),Interest (iklan majalah, iklan billboard) , Desire (iklan koran, poster,,koran,dan majalah),Action (poster dan brosur).

Kata kunci: Kampanye sosial, banjir dan lubang resapan biopori.

Subjek

ADVERTISING CAMPAIGNS
 

Katalog

PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE SOSIAL MENCEGAH BANJIR DENGAN METODE LUBANG RESAPAN BIOPORI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADLI DWI AGUSETIYADI
Perorangan
DICKY HIDAYAT, ATI MUSTIKASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini