PERANCANGAN METODE BLUE OCEAN STRATEGY BAGI PT. BINA MITRA AGRO

GHYFARI MUNANDAR PRATAMA

Informasi Dasar

19.04.304
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Bina Mitra Agro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri pabrik pengolahan karet. Pertumbuhan usaha PT. Bina Mitra Agro untuk saat ini mengalami pasang surut usaha akibat adanya beberapa faktor yang mempengaruhi baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kelangsungan bisnis PT. Bina Mitra Agro adalah persaingan bisnis yang sangat kompetitif. PT. Bina Mitra Agro selaku perusahaan yang bergerak di dunia industri karet menyadari akan beratnya persaingan yang terjadi. Menanggapi hal ini, peneliti membuat suatu rancangan Blue Ocean Strategy bagi PT. Bina Mitra Agro. Dimana rancangan Blue Ocean Strategy ini dapat menjadi acuan revensi strategi demi mewujudkan diferensiasi nilai inovasi terhadap pesaing bisnis di bidang yang sama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang dituangkan kedalam tools Blue Oceans Strategy. Tools-tools tersebut adalah Peta Perintis Pejalan Penetap, Kanvas Strategy, Peta Utilitas Konsumen, Tiga Tingkat Nonkonsumen, Kerangka Enam Jalur dan Kerangka Empat Aksi. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang melibatkan analisis data berupa deskripsi dan data tersebut tidak secara langsung dapat dikuantifikasi. Pada penelitian ini, terdapat empat narasumber dari PT. Bina Mitra Agro, yaitu Komisaris dari PT. Bina Mitra Agro, Direktur Utama PT. Bina Mitra Agro, Direktur Oprasional PT. Bina Mitra Agro dan Direktur Kemitraan PT. Bina Mitra Agro. Berdasarkan kerangka emat aksi di dalam rancangan Blue Oceans Strategy PT. Bina Mitra Agro, dapat disimpulkan terdapat 7 atribut faktor strategi yang bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan. 1 atribut harus dihapuskan, 2 atribut harus ditingkatkan, 1 atribut harus di kurangi dan 3 atribut harus diciptakan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan, wawasan, dan informasi dalam bidang strategi pengembangan bisnis, serta dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi PT. Bina Mitra Agro.

Kata Kunci : Strategi Bisnis, Blue Ocean Strategy.

Subjek

Strategic management
 

Katalog

PERANCANGAN METODE BLUE OCEAN STRATEGY BAGI PT. BINA MITRA AGRO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHYFARI MUNANDAR PRATAMA
Perorangan
FAJAR SIDIQ ADI PRABOWO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini