PERANCANGAN MEDIA INFORMASI MENGENAI CHIPTUNE

REGGA PRAKARSO PUTERA YANSKA

Informasi Dasar

19.04.831
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Menurut istilah Chiptune, berasal dari kata chip dan tune, chip yang merupakan sebuah sirkuit terpadu dari suatu perangkat komponen perangkat keras, sedangkan tune merupakan sebuah serangkaian nada, lagu, atau suara. Jadi dari namanya chiptune, merupakan sebuah suara yang dihasilkan dari beberapa chip dari suatu perangkat keras atau konsol. Chiptune pada awalnya digunakan sebagai suara latar dalam sebuah video games 8-bit hingga 16-bit, namun seiring berkembang nya chiptune sebagai alternatif dalam bermusik.

Musisi musik chiptune ini berkembang di berbagai negara – negara, termasuk Indonesia. Musik chiptune di Indonesia beberapa tahun kebelakang meredup, ketimbang dengan pada masa jaya nya. Kurang nya refrensi mengenai apa itu musik chiptune, berpengaruh bagi perkembangan musik chiptune di Indonesia menjadi kurang diketahui oleh masyarakat hingga semakin meredup, dan bagi masyarakat yang ingin terjun dalam musik chiptune itu sendiri.

Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan metode kualitatif, melalui proses wawancara, observasi, studi pustaka, dan analisis data yang menggunakan tehnik analisis SWOT sehingga menghasilkan sebuah konsep dalam perancangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah media informasi berupa buku, yang memaparkan informasi yang jelas dan terperinci mengenai musik chiptune, mulai dari sejarah, perkembangannya, serta juga sebagai panduan berkarya dalam musik chiptune. Perancangan ini sebagai sumber referensi mengenai musik chiptune bagi masyarakat agar dapat lebih mengenal chiptune, dan bagi masyarakat yang ingin terjun kedalam musik chiptune itu sendiri.

Kata kunci: Chiptune, musik, pixel art, nostalgia, playful, dan media informasi.

Subjek

EDITORIALS
 

Katalog

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI MENGENAI CHIPTUNE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REGGA PRAKARSO PUTERA YANSKA
Perorangan
DIMAS KRISNA ADITYA
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • GDG3N2 - BAHASA VISUAL
  • GDH2I5 - DESAIN GRAFIS 2 (MEDIA LITERACY & INFORMATION DESIGN)
  • GDH3B5 - DESAIN GRAFIS 3 (CORPORATE IDENTITY)
  • GDH3K5 - DESAIN GRAFIS 4 (ETNO IDENTITY)
  • GDH4C5 - DESAIN GRAFIS 5 (PRODUK DEVELOPMENT & BRAND BUILDING)
  • GDH2C4 - DESAIN GRAFIS I (VISUAL LITERACY)
  • GDH2G3 - FOTOGRAFI LANJUT
  • GDG3G3 - ILLUSTRASI LANJUT
  • GDH2K3 - ILUSTRASI DASAR
  • GDG2M3 - ILUSTRASI DASAR
  • GDH3D3 - ILUSTRASI LANJUT
  • GDH2J3 - KOMPUTER GRAFIS DASAR
  • GDG2G3 - KOMPUTER GRAFIS DASAR
  • GDG2K3 - KOMPUTER GRAFIS LANJUT
  • GDH3C3 - KOMPUTER GRAFIS LANJUT
  • GDG3E3 - STRUCTURE PACKAGING DESIGN
  • GDH3M3 - STRUCTURE PACKAGING DESIGN
  • GDG2A4 - STUDIO DESAIN GRAFIS I
  • GDG2I4 - STUDIO DESAIN GRAFIS II
  • GDG3A5 - STUDIO DESAIN GRAFIS III
  • GDG3H5 - STUDIO DESAIN GRAFIS IV
  • GDG4A5 - STUDIO DESAIN GRAFIS V
  • GDG2L3 - SURFACE PACKAGING DESIGN
  • GDH4E3 - SURFACE PACKAGING DESIGN
  • GDH2F3 - TIPOGRAFI LANJUT
  • DVI2C3 - ILUSTRASI DASAR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini