PENGARUH SIKAP DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN BISNIS TELEKOMUNIKASI DAN INFORMATIKA ANGKATAN 2014

ANANDA HAPPY REZANDHI

Informasi Dasar

19.04.1003
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Wirausahawan yang berhasil pada dasarnya harus memiliki kepribadian unggul, sehingga memiliki kreativitas tinggi serta keberanian yang besar dalam mengambil risiko. Untuk itu diharapkan setiap individu / anggota mampu untuk menanamkan sifat keuletan dan semangat sehingga hal tersebut mendukung jiwa wirausaha dari setiap individu dalam mengembangkan jenjang karirnya.. Penelitan ini bertujuan untuk mengukur sikap berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika Angkatan 2014, untuk mengukur motivasi berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika Angkatan 2014, untuk mengukur minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika Angkatan 2014, dan untuk menganalisis dan mengukur pengaruh sikap dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika Angkatan 2014. Variabel dala penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sikap dan motivasi, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Angkatan 2014 yaitu 455 orang dengan ukuran sampel 82 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, sikap mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Angkatan 2014 untuk berwirausaha dinilai cukup baik. Motivasi mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Angkatan 2014 untuk berwirausaha cukup baik, hal tersebut telah dibuktikan melalui pengolahan data dari motivasi. Minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Angkatan 2014 cukup baik, hal tersebut telah dibuktikan melalui pengolahan data dari minat berwirausaha. Pengaruh sikap dan motivasi secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Angkatan 2014 sebesar 61,7%, dan sisanya sebesar 38,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar sikap dan motivasi. Pengaruh sikap secara parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Angkatan 2014 sebesar 32,1%. Pengaruh motivasi secara parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Angkatan 2014 sebesar 29,6%.

Kata kunci : Sikap, Motivasi, Minat Berwirausaha ABSTRACT

Successful entrepreneurs basically have to have superior personalities, so they have high creativity and great courage in taking risks. For this reason, it is expected that each individual / member is able to instill the tenacity and enthusiasm so that it supports the entrepreneurial spirit of each individual in developing his career path. This research aims to measure the entrepreneurial attitude of students of the Telecommunications and Informatics Business Management Study Program in 2014, to measure motivation entrepreneurial students of the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program, to measure entrepreneurial interest in students of the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program, and to analyze and measure the influence of attitudes and motivation on entrepreneurial interest in the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program. Variables in this study consist of two variables: the independent variable and the dependent variable. The independent variables in this study are attitudes and motivation, while the dependent variable in this study is the interest in entrepreneurship. This type of research is descriptive and verification. The population in this study were all students of the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program of 455 people with a sample size of 82 people. Data analysis techniques used are validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression, determination coefficient and hypothesis testing. Based on the results of the analysis, the attitude of students of the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program for entrepreneurship was considered quite good. The motivation of students of the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program for entrepreneurship is quite good, it has been proven through processing data from motivation. Entrepreneurial interest in students of the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program is quite good, it has been proven through data processing from entrepreneurial interests. The effect of simultaneous attitudes and motivation on students' entrepreneurial interest in the 2014 Telecommunications and Information Business Management Study Program was 61.7%, and the remaining 38.3% was explained by other variables outside attitude and motivation. The effect of partial attitude towards entrepreneurial interest in students of the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program was 32.1%. Partial motivational influence on students' interest in entrepreneurship in the 2014 Telecommunications and Informatics Business Management Study Program was 29.6%.

Keywords: Attitude, Motivation, Entrepreneurial Interest

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH SIKAP DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN BISNIS TELEKOMUNIKASI DAN INFORMATIKA ANGKATAN 2014
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANANDA HAPPY REZANDHI
Perorangan
ELVIRA AZIS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • MMKG22 - GLOBALISASI, MANAJEMEN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN
  • MMKE12 - INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN
  • TBBT37508 - INOVASI STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • BAH3F3 - KEWIRAUSAHAAN LANJUTAN
  • MMKD12 - KONSEP DASAR DAN PERKEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN
  • TBBT37507 - PERILAKU KEWIRAUSAHAAN
  • MMKD22 - PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN
  • IEH4GA6 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • BM63D4 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • EBI3M3 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • EAI2U2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • IEI5T6 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI13A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini