SISTEM DC CHOPPER SEBAGAI SUMBER TEGANGAN SISTEM ELEKTROLISIS AIR LAUT (DC Chopper System as Voltage Source for Sea Water Electrolysis)

AKBAR JULIAN PAMUNGKAS PURWANTO

Informasi Dasar

19.04.1193
537
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam sebuah sistem kelistrikan, konverter DC-DC (DC Chopper) merupakan salah satu jenis rangkaian elektronika daya yang berfungsi untuk mengkonversi tegangan masukan searah konstan menjadi tegangan keluaran searah yang dapat dibagi dalam beberapa nilai tegangan keluaran berdasarkan perubahan duty cycle pada rangkaian kontrol. Sumber tegangan searah DC chopper itu sendiri bisa berasal dari baterai atau dari sumber tegangan bolak-balik yang di searahkan yang kemudian dihaluskan dengan filter kapasitor untuk mengurangi ripple. Dalam tugas akhir ini dibuat sistem konverter DC-DC untuk melihat hubungan antara nilai tegangan masuk dengan perubahan nilai Total Disolved Solids larutan dan membuat catu daya untuk sistem elektrolisis supaya sistem dapat berjalan secara otomatis dengan pengaturan duty cycle berdasarkan parameter yang dibaca oleh sensor Total Disolved Solids. Jika parameter nilai yang terbaca oleh sensor sudah terpenuhi maka konverter DC-DC akan mati secara otomatis dengan memberikan nilai 100% pada duty cycle pada konverter DC-DC. Pada pembuatan DC chopper kali ini konverter DC-DC mampu menerima tegangan masukan konstan hingga 100 Vdc dan tegangan keluaran menjadi setengah dari tegangan masukan apabila nilai yang terbaca oleh sensor TDS masih diatas 400 ppm sehingga terjadi perubahan nilai ppm sebesar 0,5 – 1,5 ppm per 30 detik dan apabila nilai ppm sudah bernilai kurang dari 400 ppm maka PWM yang diterima oleh buck converter bernilai 100% sehingga tegangan keluaran dari buck converter bernilai 0 V.

Kata Kunci : DC-Chopper, Duty Cycle, Total Dissolved Solids

Subjek

ELECTRIC MACHINERY
 

Katalog

SISTEM DC CHOPPER SEBAGAI SUMBER TEGANGAN SISTEM ELEKTROLISIS AIR LAUT (DC Chopper System as Voltage Source for Sea Water Electrolysis)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKBAR JULIAN PAMUNGKAS PURWANTO
Perorangan
SIGIT YUWONO, EKKI KURNIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ETH3H3 - SISTEM CATU DAYA
  • ERH4B3 - SUMBER ENERGI TERBARUKAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini