PENGARUH REWARDS, ORGANIZATIONAL MECHANISMS DAN INTERPERSONAL SUPPORT TERHADAP KNOWLEDGE SHARING EFFECTIVENESS PADA MARKETING DAN PLANNING AND TRANSFORMATION DIRECTORATE DI PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR

SATYA WICAKSANA MUKHLISIN

Informasi Dasar

19.05.050
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Di era digital saat ini, perusahaan tidak dapat menghindar dari perubahan arah bisnis. Hal ini disebabkan teknologi yang berkembang sangat cepat yang berdampak pada meningkatnya jumlah pengguna internet dan media sosial online di Indonesia. Meningkatnya jumlah pengguna internet dan media sosial online di Indonesia menjadi penyebab menurunnya pendapatan legacy yang saat ini menjadi sumber pendapatan perusahaan.

Perubahan ini menjadi ancaman sekaligus peluang bagi perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya. Salah satu cara yang dilakukan perusahaan ini yaitu melakukan peningkatan kualitas dan inovasi layanan. Hal ini tidak dapat dilakukan tanpa adanya proses pertukaran knowledge atau knowledge sharing untuk mendukung perkembangan pengetahuan dan inovasi.

Berdasarkan data yang dilaporkan oleh unit Learning Development and Knowledge Management Division, minat karyawan terhadap program knowledge sharing masih sangat rendah yang ditandai dengan minimnya rata-rata persentase jumlah karyawan yang mengikuti program Sharina pada tahun 2017 (hanya 5.34% dari total karyawan).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel rewards, organizational mechanisms dan interpersonal support terhadap knowledge sharing effectiveness pada Marketing dan Planning and Transformation Directorate di PT. Telekomunikasi Selular. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 292 karyawan pada fungsi tersebut, dihasilkan kesimpulan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas dari knowledge sharing dan yang memiliki pengaruh terbesar adalah variabel organizational mechanisms.

Saran yang diberikan terkait penelitian ini adalah membuat kebijakan rewards system khususnya yang bersifat finansial bagi karyawan yang melakukan aktivitas knowledge sharing, pengembangan portal knowledge management dengan sosialisasi yang aktif serta menjadikan kegiatan knowledge sharing sebagai bagian dari sasaran kerja atau key performance indicator sehingga seluruh karyawan dapat saling mendukung dan membiasakan diri untuk melakukan aktivitas knowledge sharing.

Kata Kunci: Product Development, Knowledge Sharing Effectiveness, Rewards, Organizational Mechanisms, Interpersonal Support

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT-KNOWLEDGE SHARING
 

Katalog

PENGARUH REWARDS, ORGANIZATIONAL MECHANISMS DAN INTERPERSONAL SUPPORT TERHADAP KNOWLEDGE SHARING EFFECTIVENESS PADA MARKETING DAN PLANNING AND TRANSFORMATION DIRECTORATE DI PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATYA WICAKSANA MUKHLISIN
Perorangan
ADE IRMA SUSANTY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini