Pengaruh Pengembangan E-commerce Oleh Toko Ritel Terhadap Sikap dan Niat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Matahari Department Store Tbk. di Kota Bandung)

AMIRA LALITYA EKHAPUTRI

Informasi Dasar

19.04.1331
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, banyak aspek di kehidupan sehari-hari ikut berubah dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara konvensional, sekarang mulai tergantikan dengan teknologi yang memudahkan dalam proses penukaran informasi antara satu pihak dengan pihak lainnya. Salah satu kegiatan yang terpengaruh adalah kegiatan jual beli.

Matahari Department Store , Mataharistore.com, dan Mataharimall.com merupakan usaha penjualan yang sama-sama di naungi oleh Lippo Group, dimana ketiga perusahaan tersebut memiliki fokus di bidang fesyen dengan nama merek yang hampir sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek dari berkembangnya situs jual beli online yang didasarkan dari adanya toko ritel yang telah dibangun sebelumnya. Efek yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah sikap dan niat beli konsumen di situs Mataharistore.com dan Mataharimall.com yang dikembangkan oleh Lippo Group, didasarkan atas merek Matahari Department Store yang sudah berdiri di Indonesia sebagai toko ritel fesyen.

Penelitian ini termasuk dalam analisis kausal dan konfirmatori yang diterapkan untuk melakukan pengujian atau mengkonfirmasi model yang sebelumnya telah dihipotesiskan, dan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat di Kota Bandung yang pernah mengunjungi Matahari Department Store sebanyak 100 responden. Hasil dari data tersebut diolah dengan Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM).

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan yang signifikan antara atribut dasar situs dengan sikap konsumen online, reputasi perusahaan terhadap sikap konsumen offline, sikap konsumen offline terhadap niat beli secara langsung, sikap konsumen online terhadap niat beli secara online, dan niat beli secara offline terhadap niat beli secara online.

Kata kunci: E-commerce, Saluran Penjualan, Niat Beli, Sikap Konsumen

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

Pengaruh Pengembangan E-commerce Oleh Toko Ritel Terhadap Sikap dan Niat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Matahari Department Store Tbk. di Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMIRA LALITYA EKHAPUTRI
Perorangan
RATIH HENDAYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini