PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN DAYA TARIK HUMOR TERHADAP CITRA MEREK (Studi pada Iklan Ramayana versi #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran pada Youtube)

ALISA MAQDISSA RATNA

Informasi Dasar

19.04.1555
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Iklan menjadi salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan. Iklan merupakan sarana bagi perusahaan untuk memberikan informasi, membujuk dan mengingatkan konsumen pada produk yang dimiliki oleh perusahaan. Iklan pun ditempatkan pada media-media yang mudah dilihat oleh konsumen. Media iklan yang biasa digunakan adalah media cetak dan digital. Pada era media baru ini, banyak perusahaan yang mengandalkan media iklan digital. Memanfaatkan jumlah pengguna internet yang semakin tinggi (terutama Jawa Barat), banyak iklan yang menggunakan media internet dalam menpromosikan produknya, salah satunya adalah Ramayana. Objek dalam penelitian ini adalah iklan Ramayana dengan daya tarik humor. Iklan ini merupakan iklan yang paling banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia dibandingkan iklan Ramayana dengan daya tarik humor lainnya. Jumlah penonton iklan tersebut mencapai 16 juta penonton per Agustus 2018. Iklan ini dikeluarkan setelah Ramayana mengalami penurunan penghasilan pada pulau Jawa (kecuali Jakarta) dan menutup 16 divisi supermarket yang bisa membuat asosiasi negatif dipikiran konsumen. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas iklan dengan daya tarik humor terhadap citra merek dengan studi pada Iklan Ramayana versi #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran pada Youtube. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan berparadigma positivisme, serta menggunakan EPIC model sebagai metode perhitungan efektivitas dan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh diemensi efektivitas iklan terhadap citra merek. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis Purposive sampling terhadap 100 responden yaitu masyarakat Sukabumi yang memiliki penghasilan menengah kebawah, karena Sukabumi merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Barat dan memiliki UMK yang rendah dibangingkan dengan Bandung. Hasil penelitian ini adalah regresi sederhana sebesar Y = 15,486 + 1,163X. Selanjutnya analisis korelasi dengan hasil sebesar 0,641 termasuk pada kategori kuat. Pada penelitian ini h0 ditolak dan h1 diterima karena thitung > ttabel (15,486) > 1,660) artinya efektivitas iklan dengan daya tarik humor berpengaruh terhadap citra merek. Serta efektivitas iklan dengan daya tarik humor mempengaruhi citra merek sebesar 41% sedangkan 59% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata kunci: Efektivitas iklan, EPIC Model, dan Citra Merek

Subjek

ADVERTISING EFFECTIVENESS
 

Katalog

PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN DAYA TARIK HUMOR TERHADAP CITRA MEREK (Studi pada Iklan Ramayana versi #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran pada Youtube)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALISA MAQDISSA RATNA
Perorangan
Sylvie Nurfebiaraning
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini