Pengaruh Sosial Media Usage dan Elektronic Word of Mouth terhadap Purchase Desicion Involvement (Studi pada Lazada di Bandung)

THENNY YANNEARY KIRANA RACHMAN

Informasi Dasar

19.04.1622
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Zaman modern ini kebanyakan orang dalam keputusan memilih atau membeli sebuah produk dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi. Para pengguna internet lebih menggemari dan lebih aktif menggunakan media sosial. Dalam media sosial, kita dapat melakukan komunikasi dua arah dimana pengirim dan penerima pesan bisa berinteraksi secara langsung dan bertukar informasi secara online atau dapat disebut juga electronic word of mouth. Seiring berjalannya waktu, dunia bisnis e-commerce dalam bentuk online store menjadi suatu kebutuhan dalam meningkatkan persaingan penjualan produk serta memenangkan persaingan bisnis. Lazada adalah online store yang kurang populer di bandingan dengan Shopee yang dianggap sebagai e-Commerce paling populer di Indonesia. Banyaknya penurunan pada Lazada, maka penelitian ini dirumuskan bahwa permasalahan yang akan dibahas adalah Social Media Usage dan Electronic Word Of Mouth mempengaruhi dalam Purchase Decision Involvment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Social Media Usage dan Electronic word of Mouth terhadap Purchase Decision Involvment dengan menggunakan 4 variabel, yaitu Social Media Usage, Electronic Word of Mouth, Trust, dan Purchase Decision Involvment. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian konklusif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Lazada di Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 250 responden. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online melalui Google form. Dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan software LISREL 8.8.

Berdasarkan hasil penelitian, variabel Social Media tidak berpengarh terhadap Purchase Decision Involvment. Electronic word Of Mouth berpengaruh terhadap Purchace Decision Involvment. Variabel Social Media Usage dan Electrnic Word Of Mouth terhadap Trust. Trust berpengaruh terhadap Purchase Decision Involvment. Social Media Usage tidak berpengaruh terhadap Purchase Decision Involvment yang dimediasi oleh Trust. Electrnic Word Of Mouth berpengaruh terhadap Purchase Decision Involvement. Kata Kunci : Social Media Usage, Electrnic Word of Mouth, Purchase Decision Involvment, Lazada, SEM

Subjek

MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Sosial Media Usage dan Elektronic Word of Mouth terhadap Purchase Desicion Involvement (Studi pada Lazada di Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

THENNY YANNEARY KIRANA RACHMAN
Perorangan
TEGUH WIDODO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini