Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Kinerja Keuangan dan Earning Response Coefficient Perusahaan (Studi Pada emiten di Indeks Saham Kompas100 Periode 2014-2017)

AUDI HUGO DELANO

Informasi Dasar

19.04.2099
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekarang ini, perusahaan selalu dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan jaman. Hal ini diikuti dengan berkembangnya teknologi yang dapat memudahkan perusahaan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan hingga titik paling atas. Perusahaan-perusahaan ini juga telah menerapkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan untuk menjaga lingkungan dan hubungan sosial dengan eksternal perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) terhadap Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), dan Earning Response Coefficient (ERC) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Kompas100 periode 2014-2017. Dengan adanya peraturan yang mewajibkan perusahaan untuk melaksanakan kegiatan CSR, peneliti ingin mengetahui apakah kegiatan CSR tersebut dapat mempengaruhi perusahaan dalam segi kinerja keuangan maupun Earning Response Coefficient (ERC) atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang datanya diambil menggunakan metode dokumentasi. Data yang diambil berupa laporan keuangan (Annual Report) dan Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Kompas100 periode 2014-2017. Data ini diambil dari website resmi BEI (www.idx.co.id) dan juga website resmi perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan 72 sampel dalam periode waktu 4 tahun penelitian serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) memiliki pengaruh terhadap Return On Asset (ROA) tetapi tidak berpengaruh terhadap Earning Per Share (EPS), dan Earning Response Coefficient (ERC). Dari penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan variabel baru seperti Return On Equity (ROE), Economic Value Added (EVA) ataupun variabel-variabel lainnya yang masih berhubungan terhadap CSR. Peneliti juga memberikan saran bagi perusahan untuk lebih bijak dalam melaksanakan kegiatan CSR karena CSR merupakan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Kinerja Keuangan dan Earning Response Coefficient Perusahaan (Studi Pada emiten di Indeks Saham Kompas100 Periode 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AUDI HUGO DELANO
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH, WIWIN AMINAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini