INFORMATION DASHBOARD UNTUK MONITORING KUALITAS AIR DI SUNGAI CITARUM SECARA REAL-TIME DENGAN PENGGUNAAN SISTEM TELEMETRI

ABEL JUNANDO

Informasi Dasar

19.04.2327
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat. Sungai yang hampir membelah Jawa Barat ini bersumber dari mata air Gunung Wayang (sebelah selatan Kota Bandung), mengalir ke Utara melalui Cekungan Bandung dan bermuara di Laut Jawa. Saat ini Sungai Citarum adalah salah satu sungai yang tercemar di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kadar kualitas air pada Sungai Citarum. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sungai citarum tentang kualitas air sungai, serta dampak ataupun pengolahan air tersebut untuk masyarakat.

Penelitian ini merancang suatu pemetaan informasi suatu titik observasi menggunakan aplikasi berbasis Geographic Information System (GIS) yang dapat dijalankan dan diaplikasikan pada suatu Information dashboard yang dapat diakses pada website. GIS dapat memberikan informasi mengenai titik suatu lokasi observasi tentang kualitas air di Sungai Citarum. Diharapkan dengan adanya GIS ini dapat memberikan informasi suatu titik observasi tentang kualitas air di Sungai Citarum pada stakeholder yang sedang mengakses website untuk mengetahui informasi kualitas air.

Information dashboard diharapkan dapat memberikan informasi seputar kadar kualitas air kepada masyarakat ataupun kepada stakeholder instansi pemerintah terkait untuk tanggap dan melakukan tindakan serta evaluasi. Information Dashboard diharapkan dapat memudahkan seluruh stakeholder untuk memantau dan melihat kualitas air di Sungai Citarum secara real-time melalui website. Dengan adanya website ini diharapkan dapat dengan mudah diakses secara bebas dengan terhubungnnya melalui jaringan internet.

Kata kunci: Sungai Citarum, Information Dashboard, Website, GIS, Kualitas Air

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

INFORMATION DASHBOARD UNTUK MONITORING KUALITAS AIR DI SUNGAI CITARUM SECARA REAL-TIME DENGAN PENGGUNAAN SISTEM TELEMETRI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABEL JUNANDO
Perorangan
AHMAD MUSNANSYAH, DEDEN WITARSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini