PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN MEDIA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

ARY GIGIH SANTOSO

Informasi Dasar

19.04.2849
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) merupakan kewajiban perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha yang berkaitan dengan sumberdaya alam. Dengan adanya kewajiban tersebut perusahaan harus mempunyai komitmen untuk melakukan kegiatan corporate social responsibility. Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) merupakan salah satu laporan perusahaan yang penting untuk dilaporkan, yang kegunaan laporan tersebut bagi investor, stakeholders dan masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROE), leverage (DER), ukuran perusahaan (Ln of Total Asset) dan pengungkapan media terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Metode sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan dan periode penelitian selama 5 tahun sehingga diperoleh jumlah unit sampel sebanyak 50 data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi software Eviews 9. Hasil pengujian yang diperoleh dari penelitian ini secara simultan menunjukkan profitabilitas (ROE), leverage (DER), ukuran perusahaan (Ln of Total Asset) dan pengungkapan media berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Secara parsial pengungkapan media memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan profitabilitas (ROE), leverage (DER), ukuran perusahaan (Ln of Total Asset) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran bagi perusahaan adalah diharapkan untuk mengungkapkan kegiatan corporate social responsibility melalui media. Bagi investor, disarankan memilih perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility yang baik dan mengungkapkannya di media internet. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Media, Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN MEDIA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARY GIGIH SANTOSO
Perorangan
Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini