PERANCANGAN PERBAIKAN PELAYANAN PADA APP MYBLUEBIRD MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

FITRA AKBAROKAH

Informasi Dasar

19.04.3161
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Blue Bird Group adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi. Blue Bird Group merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi yang terkenal di Indonesia. Layanan yang paling dikenal masyarakat dari Blue Bird Group adalah jasa transportasi taksi. Semakin hari nama dari Blue Bird Group semakin besar, dan ini memacu Blue Bird Group untuk terus menjadi jasa transportasi terbaik dan memberikan kemudahan transportasi offline bagi masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari.MyBlueBird mulai ditinggalkan di sebabkan munculnya pesaingan yang bergerak di bidang jasa yang sama namun lebih baik karena menggunakan system online pada jasa mereka dan itu menyebabkan pengaruh besar untuk Blue Bird Group, jasa transportasi offline Taksi Blue Bird mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi peningkatan kualitas layanan aplikasi MyBlueBird setelah melakukan penelitian sebelumnya menggunakan metode kano dan di dapatkan 15 true customer needs untuk mendapatkan rekomendasi menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). QFD berguna untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik layanan serta mempertimbangkan kemampuan perusahaan. QFD dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah QFD Iterasi Satu (House of Quality) untuk mengidentifikasi true customer needs dan menentukan karakteristik teknis prioritas. Tahap kedua adalah QFD Iterasi Dua (Part Deployment) untuk menentukan critical part prioritas berdasarkan karakteristik teknis prioritas. Berdasarkan QFD Iterasi Satu, diperoleh 19 karakteristik teknis prioritas yang harus dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Berdasarkan QFD Iterasi Dua, diperoleh 8 critical part prioritas untuk perbaikan layanan aplikasi MyBlueBird. Perumusan rekomendasi disusun berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, brainstorming dengan perusahaan dan melakukan benchmarking terhadap pesaing perusahaan.

Kata Kunci: House of Quality, MyBlueBird, Part Deployment, Quality Function Deployment (QFD).

Subjek

Marketing-strategic
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN PELAYANAN PADA APP MYBLUEBIRD MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRA AKBAROKAH
Perorangan
Sari Wulandari, Meldi Rendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini