Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Return On Asset, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2017)

ELIZABETH SARAH FEBRINA BR TAMPUBOLON

Informasi Dasar

19.04.3399
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan pengungkapan corporate social responsibilityseringkali dijadikan peluang bagi para manajer untuk melakukan manajemen laba untuk menarik investor. Nilai roa, leverage dan ukuran perusahaan dapat digunakan oleh investor untuk mengetahui besarnya potensi manajemen laba dalam suatu perusahaan dan mempertimbangkan keputusannya dalam menanam saham di perusahaan. Oleh karena itu, peneliti menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, return on asset, leverage dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan corporate social responsibility, return on asset, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2017. Penelitian ini terdiri dari 112 sampel pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan regresi data panel dengan bantuan Eviews 9.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pengungkapan corporate social responsibility, return on asset, leverage dan ukuran perusahaanberpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan secara parsial corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, return on asset berpengaruh terhadap manajemen laba, leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dan ukuran perusahaantidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel dependen maupun independen yang berbeda dari penelitian ini. Bagi investor diharapkan lebih teliti untuk menginterpretasi kinerja perusahaan terutama dilihat dari angka return on assetnya ketika hendak menanam saham dalam perusahaan. Bagi perusahaan diharapkan agar selalu menjaga dan memperhatikan stabilitas perolehan laba setiap periode agar tidak memicu terjadinya peningkatan tindakan manajemen laba.

Kata kunci: Corporate social responsibility, Manajemen Laba, Return On Asset, Leverage, Firm Size

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Return On Asset, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELIZABETH SARAH FEBRINA BR TAMPUBOLON
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini