PERANCANGAN CONCEPT ENVIRONMENT KOTA ANIMASI BERDASARKAN ADAPTASI NOVEL KESATRIA HUTAN LARANGAN DENGAN GENRE FANTASY YANG MEMINJAM BENTUK DARI KEARIFAN LOKAL “SUNDA”

FAJAR PRASETYA

Informasi Dasar

19.04.3818
729
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK PERANCANGAN CONCEPT ENVIRONMENT KOTA ANIMASI BERDASARKAN ADAPTASI NOVEL KESATRIA HUTAN LARANGAN DENGAN GENRE FANTASY YANG MEMINJAM BENTUK DARI KEARIFAN LOKAL “SUNDA” Perancangan Concept Environment kota ini merupakan upaya untuk merepresentasi dunia Sunda berdasarkan dari novel Ksatria Hutan Larangan karangan Saini K.M, yang mana disini akan menggambarkan fantasy pada era kerajaan Pajajaran yang di dalamnya meminjam kearifan lokal sunda, yakni seperti arsitektural dan landscape. Dengan menggunakan visual yang dibentuk nantinya akan membangkitkan ketertarikan kalangan remaja terutama remaja SMA dalam mengenal kearifan yang dimiliki oleh Sunda dan juga menanamkan kepada mindset mereka, bahwa cerita yang diadaptasi dari novel lokal tidak kalah menariknya dengan novel-novel luar jika menggunakan eksplorasi fantasy didalamnya. Dalam perancangan yang akan dibuat berfokus pada environment yang dibuat berdasarkan data yang telah dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara kepada ahli, dan analisis pada studi dokumen, lalu di bentuk menggunakan teori concept art dan environment, mulai dari cara penerapan perspektif, warna, lighting, dan mood ditambah analisis untuk penerapan kultur di dalam karya visual seperti karya sejenis yang sudah ada, serta menentukan sejauh mana bentuk dunia Sunda yang bisa digambarkan dengan memasukan unsur fantasy didalamnya atau seperti bagaimanakah visual dunia Sunda fantasy yang bisa dibentuk. Environment yang dirancang akan menampilkan dunia Sunda pada era kerajaan, dengan tempattempat dan kota fiksi sesuai dari analisis dari novel yang menjadi sumber cerita. Hasil perancangan yang telah dibuat kemudian disatukan kedalam media artbook. Dan dengan begitu visual dari environment dari dunia fantasy sunda akan mampu untuk menarik perhatian remaja agar tertarik untuk mengenal kearifan sunda. Kata Kunci : Adaptasi, Novel, Concept Environment, Artbook, Fantasy, Kearifan Sunda.

Subjek

DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN CONCEPT ENVIRONMENT KOTA ANIMASI BERDASARKAN ADAPTASI NOVEL KESATRIA HUTAN LARANGAN DENGAN GENRE FANTASY YANG MEMINJAM BENTUK DARI KEARIFAN LOKAL “SUNDA”
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAJAR PRASETYA
Perorangan
Arief Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini