PENGARUH KREDIBILITAS YOUTUBER TERHADAP SIKAP PENONTON PADA CHANNEL YOUTUBE ATTA HALILINTAR (Studi Kuantitatif pada Penonton Youtube Atta Halilinar di Instagram @_ateam.ofc)

RAHMA NUR FATHIYYAH

Informasi Dasar

19.04.4149
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era ini, Internet seolah sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap masyarakat. Menurut survei We Are Social tahun 2018 menyatakan bahwa 79% masyarakat Indonesia setiap harinya menggunakan internet untuk keperluan mereka di media sosial. Menurut survei yang dilakukan oleh The Manifest tahun 2018 menyatakan bahwa sosial media yang paling sering digunakan secara mendunia adalah Youtube. Hal ini membuat para youtuber khususnya di Indonesia bersaing untuk saling unggul demi meraup keuntungan, baik keuntungan materil berupa uang maupun keuntungan non materil seperti popularitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kredibilitas youtuber terhadap sikap penonton. Variabel independen pada penelitian ini adalah kredibilitas youtuber dengan dimensi keterpercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise), dan daya tarik (attractiveness). Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah sikap penonton dengan dimensi kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penulis menentukan sampel menggunakan teknik non probability sampling, dengan responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu analisis data deskriptif, uji normalitas, uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, kredibilitas youtuber memiliki pengaruh terhadap sikap penonton. Hal tersebut dibuktikan dengan thitung (14,476) > ttabel (1,660). Berdasarkan nilai koefisien determinasi, kredibilitas youtuber memiliki pengaruh sebesar 68,1% terhadap sikap penonton.

Kata Kunci: kredibilitas, sikap, teori kredibilitas sumber, sosial media, Youtube.

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH KREDIBILITAS YOUTUBER TERHADAP SIKAP PENONTON PADA CHANNEL YOUTUBE ATTA HALILINTAR (Studi Kuantitatif pada Penonton Youtube Atta Halilinar di Instagram @_ateam.ofc)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMA NUR FATHIYYAH
Perorangan
NOFHA RINA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • COH3B3 - PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
  • COH3R4 - PILIHAN (1) KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
  • SK812312 - SEMINAR PROPOSAL
  • SK812326 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini