Strategi Komunikasi Pemasaran Marketplace B to B dan B to C Berbasis UKM (Studi Analisis Pada Platform Marketplace BLANJA.com)

ADHITYA NUR ARIEF RINALDI

Informasi Dasar

19.04.4228
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Adanya perkembangan teknologi mengakibatkan perpindahan bisnis yang tadinya menganut Brick and Mortar untuk ikut membuka toko online miliknya atau yang juga dikenal sebagai Click and Mortar, munculnya electronic commerce (e-commerce) merupakan salah satu hasil dari fenomena Click and Mortar. Blanja.com merupakan salah satu situs e-commerce milik operator seluler di Indonesia yang masih ada yaitu milik PT. Telkom Indonesia yang menggunakan model bisnis B to B dan B to C dan berfokus kepada UKM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Blanja.com dalam lingkup Business to Business (B to B) berbasis UKM dan dalam lingkup Business to Consumer (B to C). Metode yang diigunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini pengumpulan data meliputi data primer yaitu wawancara dan observasi dan data sekunder yaitu dari sumber buku baik fisik maupun online dan penelitian terdahulu. Teori yang digunakan yaitu teori Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran, dan E-Marketplace. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran dari Blanja.com disesuaikan dengan khalayaknya, untuk B to B UKM yang sudah siap Go Digital dan yang belum serta untuk B to C yaitu konsumen yang ada di usia 15-64 tahun yang suka belanja online dan terpenetrasi internet serta tujuan komunikasi dari Blanja.com itu sendiri. Pelaksanannya untuk B to B melalui Public Relation berupa community relation dan government relation, untuk B to C melalui Internet Marketing, Advertising, dan Public Relation. Dalam melakukan evaluasi Blanja.com menggunakan KPI (Key Performance Indicator) untuk laporan external kepada PT. Telkom Indonesia, SONAR dan penarikan data penjualan serta promosi untuk monitoring internal, dan Average Conversion Rate untuk evaluasi kepada BUMN / Instansi Pemerintah yang nantinya dapat menghasilkan feedback baik bagi Blanja.com maupun BUMN / Instansi Pemerintah yang bekerjasama.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, E-Commerce, B to B, B to C, Blanja.com.

Subjek

Marketing - strategy
 

Katalog

Strategi Komunikasi Pemasaran Marketplace B to B dan B to C Berbasis UKM (Studi Analisis Pada Platform Marketplace BLANJA.com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHITYA NUR ARIEF RINALDI
Perorangan
MOHAMAD SYAHRIAR SUGANDI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SK311093 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
  • COH2J3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • SK312032 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • KII2K3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini