Pengaplikasian Teknik Block Printing dan Tie Dye pada Produk Fesyen Ready To Wear dengan Inspirasi Motif Porselen Arsitektur Keraton Kanoman.

RIANE GAITSA

Informasi Dasar

19.04.4234
746.028
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tekstil dekoratif adalah seni kreatif dalam metode apapun untuk mengaplikasikan warna atau desain pada kain. Contoh dari tekstil dekoratif yaitu block printing, tie dye, stencil, batik, freehand painting, silk screen printing. Perkembangan dunia tekstil saat ini sangat berkembang, adanya beberapa brand atau desainer yang melakukan eksplorasi penggabungan beberapa teknik tekstil dekoratif yang dilakukan oleh Shibotik dan Valori Wells karena memiliki potensi untuk dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif berupa studi pustaka, analisa berdasarkan observasi tren penggabungan dua teknik yang dilakukan di Shibotik lalu, observasi dan wawancara di keraton Kanoman bahwa porselen keraton Kanoman tersebut merupakan cendera mata dari kerajaan Cina untuk Sunan Gunung Djati dan melakukan wawancara di studio block printing bahwa perkembangan block printing di Indonesia khususnya pada dunia tekstil tidak sebaik pada dunia seni grafis, dilanjutkan dengan eksperimen material,motif dan komposisi untuk memvisualisasikan masing-masing karakter block printing dan tie dye. Dalam penelitian ini melakukan eksplorasi penggabungkan teknik block printing dan tie dye dengan motif porselen keraton Kanoman. Hasil eksplorasi diimplementasikan menjadi produk fashion ready to wear deluxe dengan acuan desain berdasarkan analisa target market yaitu wanita Tiongkok untuk acara formal, tetapi juga sebagai busana untuk kegiatan-kegiatan tertentu (occasional wear).

Kata kunci : Block Printing, Tie Dye, Ready to Wear, Porselen Keraton Kanoman.

Subjek

TEXTILE
 

Katalog

Pengaplikasian Teknik Block Printing dan Tie Dye pada Produk Fesyen Ready To Wear dengan Inspirasi Motif Porselen Arsitektur Keraton Kanoman.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIANE GAITSA
Perorangan
MOCHAMMAD SIGIT RAMADHAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CIH4A6 - TUGAS AKHIR
  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini