PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID KUDAKI.ID SEBAGAI PLATFORM PENYEWAAN ALAT PENDAKIAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN ARSITEKTUR MODEL-VIEW-PRESENTER (MVP)

YUDANTO ANAS NUGROHO

Informasi Dasar

19.04.4416
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ndonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara yang memiliki berbagai pegunungan yang terkenal hingga ranah internasional. Pegunungan di Indonesia menjadi daya tari bagi para pendaki dari berbagai belahan dunia untuk menjelajah dan melakukan pendakian. Ketika mendaki gunung, tentu saja seorang pendaki harus mempersiapkan peralatan pendakian yang sesuai dengan kebutuhan mereka serta pengetahuan yang cukup mengenai gunung yang dituju. Karena setiap gunung memiliki medan, cuaca, dan karakteristik yang berbeda-beda. Akan tetapi pada tahun 2018, Search and Rescue meneliti bahwa dalam melakukan kecelakaan memiliki resiko terjadinya kecelakaan. Banyaknya kecelakaan yang dialami oleh pendaki saat melakukan pendakian umumnya disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu, kurangnya pengalaman, kondisi fisik, dan penilaian yang buruk dalam melakukan pendakian. Namun, penilaian yang buruk dalam merencanakan pendakian merupakan faktor yang cukup penting untuk dicegah karena memiliki tingkat persentase kecelakaan sebesar 18-19%. Perencanaan yang dimaksud dalam hal ini adalah salah satunya perencanaan peralatan yang perlu dibawa saat melakukan pendakian. Pendaki harus mengetahui peralatan apa saja yang perlu dibawa untuk mendaki. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak semua pendaki memiliki alat yang memadai. Dengan demikian, Kudaki.id hadir sebagai solusi untuk membantu pendaki dalam merencanakan kegiatan pendakiannya dan juga turut membantu menurunkan tingkat kecelakaan pendakian dengan memudahkan pendaki untuk dapat menyewa peralatan pendakian sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, penulis juga menggunakan arsitektur berupa MVP untuk melakukan pengembangan aplikasi dimana arsitektur ini merupakan arsitektur yang cukup populer dalam pengembangan aplikasi berbasis Android yang terdiri dari Model, View, dan Presenter. Dengan demikian, pada akhir penelitian ini penulis berhasil membangun aplikasi Kudaki.id berbasis Android dengan menerapkan arsitektur MVP. Selain itu, penulis juga melakukan pengujian menggunakan metode UAT dengan pendekatan Black Box testing untuk mengetahui penerimaan pengguna terhadap aplikasi Kudaki.id. Hasil yang didapatkan dari pengujian Black Box Testing menunjukkan bahwa sebagian fitur-fitur pada aplikasi Kudaki.id sudah memenuhi kriteria pengguna sehingga aplikasi Kudaki.id dapat diterima di masyarakat.

Kata kunci : Pendaki, Alat Pendakian, Aplikasi Android, Arsitektur MVP, Black Box Testing

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID KUDAKI.ID SEBAGAI PLATFORM PENYEWAAN ALAT PENDAKIAN ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN ARSITEKTUR MODEL-VIEW-PRESENTER (MVP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUDANTO ANAS NUGROHO
Perorangan
TIEN FABRIANTI KUSUMASARI, AHMAD MUNANSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4O3 - PENGEMBANGAN INISIATIF IT BISNIS I : APLIKASI BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4P3 - PENGEMBANGAN INISIATIF IT BISNIS II : SEMINAR PRODUK
  • ISH4Q3 - PENGEMBANGAN INISIATIF IT BISNIS III : IMPLEMENTASI DAN TES PASAR
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini