REPRESENTASI GAYA HUMOR DALAM MEME POLITIK (Analisis Semiotika Postingan Meme dengan Tagar #02GagapUnicorn Pada Masa Pemilu 2019 di Media Sosial Twitter)

CINTHYA DWI PUSPITASARI

Informasi Dasar

19.04.4895
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul Representasi Gaya Humor Dalam Meme Politik dengan sub judul Analisis Semiotika Postingan Meme dengan Tagar #02GagapUnicorn Pada Masa Pemilu 2019 di Media Sosial Twitter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi gaya humor yang ada pada meme politik dengan tagar #02GagapUnicorn melalui analisis semiotika model Charles Sanders Pierce, dimana ia melihat tanda menjadi tiga indicator yaitu, tanda ikon, tanda indeks dan tanda simbolis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara observasi dan studi literatur. Pembahasan penelitian yang dilakukan melalui observasi tiga meme politik dengan tagar #02GagapUnicorn pada Twitter dan studi literature dari beberapa jurnal nasional dan internasional. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu adanya gaya humor aggressive pada meme politik dengan tagar #02GagapUnicorn yang telah peneliti analisis. Meme tersebut disampaikan oleh pembuat meme dengan menggunakan gaya bahasa yang sarkasme atau kasar. Kemudian motif yang ditemukan peneliti pada penelitian ini, yaitu untuk mengkritik, menghibur dan menyindir.

Subjek

COMMUNICATION-MEDIA
 

Katalog

REPRESENTASI GAYA HUMOR DALAM MEME POLITIK (Analisis Semiotika Postingan Meme dengan Tagar #02GagapUnicorn Pada Masa Pemilu 2019 di Media Sosial Twitter)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CINTHYA DWI PUSPITASARI
Perorangan
ARIE PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SK311052 - KOMUNIKASI MASSA
  • COH1D3 - KOMUNIKASI VISUAL
  • SK812326 - SKRIPSI
  • KII2G3 - KOMUNIKASI VISUAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini