PENGAPLIKASIAN TEKNIK BLOCK PRINTING PADA MATERIAL TEKSTIL DENGAN INSPIRASI MOTIF DARI KEBUDAYAAN SUKU BADUY

SRI PUSPITAWATI

Informasi Dasar

19.04.5147
700.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kayu, tanah liat, dan logam adalah material umum yang digunakan untuk alat cetak block printing. Pada nyatanya peralatan yang ada disekitar kita dapat digunakan menjadi material block printing pada kain. Seperti bungkus plastik gelembung atau seutas tali. Kain yang biasa digunakan untuk media block printing yaitu kain yang memiliki tekstur halus diantaranya adalah katun, sutra, linen, rayon. Tidak banyak orang yang menggunakan kain tenun dikarenakan kain tenun memiliki karakter permukaan yang bertekstur. Kain tenun biasanya memiliki motif, ada pula yang tidak memiliki motif atau polos contohnya tenun yang dihasilkan oleh masyarakat Suku Baduy. Suku Baduy adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Mempunyai ciri khas yang terlihat jelas dalam cara berpakaian, keseragaman bentuk rumah, penggunaan bahasa, kepercayaan dan adat istiadat. Dari fenomena tersebut dapat dilihat adanya peluang untuk mengembangkan teknik block printing dengan menggunakan berbagai material sederhana dari alam maupun non alam untuk memvisualisasikan kebudayaan suku Baduy.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu melalui studi literatur, pencarian data buku, jurnal, survei lapangan, wawancara secara langsung terhadap orang yang berkenaan dengan topik penelitian, dan melakukan eksplorasi pada media kain tenun Baduy dengan menggunakan teknik block printing.

Hasil dari penelitian ini berupa lembaran kain dengan motif yang terinspirasi dari kebudayaan Suku Baduy, menggunakan teknik block printing dan diaplikasikan pada busana yang mengadaptasi salah satu trend forecast 19/20 yaitu New Age Zen.

Kata kunci : Block printing, Kebudayaan, Motif alam, Tenun Baduy.

Subjek

ART CULTURE
 

Katalog

PENGAPLIKASIAN TEKNIK BLOCK PRINTING PADA MATERIAL TEKSTIL DENGAN INSPIRASI MOTIF DARI KEBUDAYAAN SUKU BADUY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SRI PUSPITAWATI
Perorangan
MOCHAMMAD SIGIT RAMADHAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TCG4F6 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini