RANCANGAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI SEJALAN BERBASIS TRUE CUSTOMER NEEDS MENGGUNAKAN METODE FUZZY QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

IKHSANA DIANA PUTRI

Informasi Dasar

20.04.413
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan mobilitas kendaraan umum di Jawa Barat terutama di Bandung pada tahun 2019 cukup pesat. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data perusahaan pada Desember 2018, Kota Bandung memiliki frekuensi keberangkatan tertinggi di Jawa Barat. Maka dari itu, salah satu perusahaan multinasional melihat suatu peluang dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat modern akan layanan digital khususnya pada mobilitas masyarakat sehingga dibutuhkannya adanya aplikasi yang sesuai untuk memudahkan pergerakan masyarakat. Munculah aplikasi yang menyediakan informasi dan pemesanan tiket travel atau agen perjalanan di Indonesia dengan beberapa pilihan sehingga dapat memesan secara daring bernama Sejalan. Namun, saat ini banyak aplikasi yang sudah menggunakan sistem travel aggregator di Indonesia sehingga dibutuhkan kajian lebih lanjut mengenai pengembangan kualitas layanan agar dapat mengalahkan kompetitor dan bekerja secara maksimal sesuai dengan kebutuhan pasar. Pada penelitian ini dilakukannya pengembangan kualitas layanan berdasarkan true customer needs. Salah satu metode yang digunakan untuk mengembangkan kualitas suatu produk adalah metode Quality Function Development atau QFD. Akan tetapi, metode tersebut menggunakan data subjektif sehingga tidak ada ukuran secara pasti dalam perhitungan pengembangan kualitas sehingga dibutuhkan metode baru yang lebih akurat. Maka dari itu, metode Fuzzy Quality Function Development (QFD) dengan perhitungan fuzzy logic digunakan diharapkan lebih akurat. Metode QFD dilakukan dengan tiga tahap. Tahap pertama adalah QFD iterasi satu (House of Quality) yang bertujuan untuk menerjemahkan true customer needs dan penentuan karakteristik teknis prioritas. Selanjutnya adalah tahap pengembangan konsep untuk mendapatkan konsep alternatif yang akan dipilih tim pengembang aplikasi Sejalan. Tahap ketiga adalah adalah QFD iterasi dua yaitu Part Deployment yang bertujuan untuk menentukan critical part prioritas. Hasil dari penelitian ini adalah tujuh karakteristik teknis prioritas, empat belas critical part prioritas dan empat belas rekomendasi yang akan dikembangkan.

Subjek

MARKETING
 

Katalog

RANCANGAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI SEJALAN BERBASIS TRUE CUSTOMER NEEDS MENGGUNAKAN METODE FUZZY QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IKHSANA DIANA PUTRI
Perorangan
YATI ROHAYATI, IMA NORMALIA KUSMAYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • IEH4FC3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini