Website Sistem Peminjaman Ruang Laboratorium Menggunakan Near Field Communication (NFC) (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom)

ATHARIZKY ADE SANTOSA

Informasi Dasar

20.06.001
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom merupakan tempat bagi para mahasiswa melakukan penelitian dan kegiatan praktikum yang tidak jauh dari penggunaan ruang laboratorium. Namun, saat ini sistem peminjaman ruang laboratorium masih menggunakan cara yang sederhana, dimana peminjam harus meminta surat ke laboran dan meminta tanda tangan terkait peminjaman ruang laboratorium dan kita juga harus mengambil kunci di ruangan admin dan mengembalikannya setelah peminjaman habis. Hal ini membuat peminjaman memakan waktu yang lama dan beberapa masalah muncul seperti hilangnya rekap peminjaman dan hilangnya kunci ruang laboratorium. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka akan dibuat sistem peminjaman ruang laboratorium menggunakan website yang terintegrasi dengan Near Field Communication (NFC) dan aplikasi android. Aplikasi android digunakan untuk melihat jadwal ruang laboratorium yang tersedia dan mengajukan peminjaman, lalu permintaan akan diproses melalui website untuk dilakukan approving peminjaman. NFC digunakan untuk kunci membuka ruang laboratorium yang telah terdaftar dan tercantum peminjaman pada website. Hasil pengujian fungsionalitas menunjukkan, seluruh fungsi sudah berjalan sebagaimana mestinya. Website yang dihasilkan telah terintegrasi dengan platform Google Firebase realtime database, authenctication, dan Cloud Firestore. Rata – rata delay yang didapat saat melakukan monitoring data adalah sebesar 0.77 detik dari dua perangkat yang berbeda secara bersamaan. Tingkat keakuratan data saat monitoring menghasilkan keakuratan data sebesar 100%. Untuk pengujian performansi, website mendapatkan nilai sebesar 94, dimana nilai tersebut sudah tergolong cukup baik.

Subjek

WEB APPLICATION
 

Katalog

Website Sistem Peminjaman Ruang Laboratorium Menggunakan Near Field Communication (NFC) (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ATHARIZKY ADE SANTOSA
Perorangan
ROHMAT TULLOH, ATIK NOVIANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • DTG2K3 - APLIKASI MIKROKONTROLER
  • DTG1K1 - BENGKEL INTERNET DAN PEMROGRAMAN WEB
  • DTG1F3 - DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini