PEMBELAJARAN PERANGKAT KOMPONEN PERSONAL COMPUTER MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

IRFAN HILMI MUL AFDHI

Informasi Dasar

20.06.020
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Aplikasi pembelajaran perangkat komponen personal computer berbasis augmented reality khusunya di bagian CPU digunakan untuk membantu siswa SMK Telkom Bandung untuk memahami materi pembelajaran rakit CPU, dikarenakan sistem pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional, maka siswa membutuhkan sebuah invosi baru untuk mendukung proses belajar yang dapat meningkatkan minat belajar dengan menggunakan media belajar yang interaktif seperti media pembelajaran berbasis teknologi AR. Aplikasi CPU berbasis AR ini dirancang menggunakan aplikasi Unity dan untuk objek 3D menggunakan aplikasi yaitu Sketchup dan Photoshop. Cara kerja dari aplikasi ini yaitu ketika pengguna mengarahkan kamera android ke image target yang berupa marker, maka layar android pengguna akan menampilkan sebuah objek 3D, dan ketika pengguna menekan tampilan 3D maka muncul tabel informasi objek 3D tersebut. Dari hasil pengujian yang dilakukan, sudut, cahaya dan jarak di dalam ruangan dan di luar ruangan, Di dapatkan hasil delay pengujian sudut, cahaya dan jarak di luar ruangan optimal kamera terhadap marker adalah 80o dan 20 cm, serta intesitas cahaya 8500 lux adalah 0.16 detik pada siang hari, kamera agar secara maksimal melakukan tracking dengan cahaya yang maksimum, dan hasil pengujian delay di dalam ruangan, optimal kamera terhadap marker adalah 80o dan jarak 20 cm serta intensitas cahaya 534 lux adalah 0,36s. dan berdasarkan hasil pengujian subyektif terhadap siswa didapatkan hasil diatas 4, dari skala 1 hingga 5 yang termasuk dalam kategori baik. Sehingga disimpulkan aplikasi CPU ini, dapat digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan perangkat PC khususnya pada bagian perangkat CPU dan beberapa komponen yang ada di dalam perangkat CPU.

Kata Kunci : PC, Augmented Reality,CPU

Subjek

TELECOMMUNICATION
 

Katalog

PEMBELAJARAN PERANGKAT KOMPONEN PERSONAL COMPUTER MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRFAN HILMI MUL AFDHI
Perorangan
TRI NOPIANI DAMAYANTI, ARIS HARTAMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • DTG2B3 - TEKNIK JARINGAN DAN MULTIMEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini