REPRESENTASI AYAH IDEAL PADA MEDIA SOSIAL (Analisis Multimodal pada Foto dalam Akun Instagram @Ridwankamil dan @Sandiuno)

KAROSHA JULITA

Informasi Dasar

20.04.1642
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini membahas peranan unggahan foto yang terdapat representasi sosok ayah ideal yang ada pada media sosial, khususnya Instagram. Saat ini kehadiran Instagram memberikan warna tersendiri bagi kehidupan masyarakat terutama untuk para ayah yang juga seorang public figure, karena kehidupan seorang public figure yang juga sosok ayah bisa diamati dan disaksikan setiap saat melalui Instagram. Untuk memahami maksud dan tujuan foto unggahan public figure ayah di Instagram, peneliti menggunakan analisis multimodal atau semiotika sosial dari Kress dan Van Leeuwen dalam mode visual. Setelah itu, peneliti melakukan analisis sosok ayah ideal berdasarkan Nicholas Townsend untuk memahami bagaimana sosok ayah ideal yang digambarkan dalam media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno melalui akun Instagramnya menunjukkan sosok ayah ideal yang berbeda, Ridwan Kamil adalah Endowment sedangkan Sandiaga Uno adalah Intimacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi apa yang ditampilkan melalui akun Instagram @ridwankamil dan @sandiuno. Penulis mempunyai harapan agar penelitian ini bisa menjadi referensi serta bahan perbandingan peneliti-peneliti selanjutnya yang akan membahas fenomena yang ada pada media sosial dengan menggunakan analisis multimodality. Kata Kunci: Ayah Ideal, Media Sosial, Representasi, Multimodal, Metafungsi Visual

Subjek

Communication
 

Katalog

REPRESENTASI AYAH IDEAL PADA MEDIA SOSIAL (Analisis Multimodal pada Foto dalam Akun Instagram @Ridwankamil dan @Sandiuno)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KAROSHA JULITA
Perorangan
IIS KURNIA NURHAYATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini