PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN REPUTASI TERHADAP JARINGAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA JABAR DIGITAL SERVICE)

ALISYA MANDAWA PUTRI

Informasi Dasar

20.04.3183
658.4038
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagai Instansi Pelayanan Publik Pemerintah berbasis Teknologi, Jabar Digital Service (JDS), memiliki tujuan sebagai pemangkas kesenjangan digital bagi masyarakat terpencil, meningkatkan efisiensi dan akurasi kebijakan data masyarakat berdasarkan data dan teknologi. Hal ini menjadi upaya bagi para pegawai Instansi agar bisa mengimplementasikan Pelayanan Publik kepada Masyarakat yang Mudah dan Efektif, dengan itu pegawai akan memiliki keinginan lebih untuk pembentukan Knowledge Management (KM) sebagai aset penting dalam Instansi Pemerintah dengan mengikuti fungsional dalam KM.Pegawai Instansi merangkap menjadi peran penghubung dari Pemerintahan dengan Masyarakat dan peran pengelolaan Pengetahuan bagi sesama Pegawai itu sendiri. Sehingga dari pembentukan KM pada masing – masing Pegawai secara langsung akan mempengaruhi bagaimana peran Pegawai yang memiliki Reputasi baik dalam Instansi dan membentuk sebuah jaringan secara sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa pengaruh Knowledge Management dan Reputasi terhadap Jaringan Sosial dan pemodelan pemetaan jaringan Reputasi Pegawai Jabar Digital Service untuk mengetahui siapa pegawai yang memiliki Reputasi yang baik dalam lingkup Instansi JDS berdasarkan Pengetahuan yang dimiliki. Metode dalam penelitian ini menggunakan Mix Method dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 70 responden sebagai sampel dan populasi lalu dengan mewawancarai narasumber sebagai pegawai pada JDS. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS versi 20 dan Gephi 0.92. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 teknik analisis yaitu analissi deskriptif dan Analisa berdasarkan Social Network Analysis (SNA). Berdasarkan Hasil penelitian Analisis Deskriptif menunjukkan bahwa KM dan Reputasi berpengaruh signifikan terhadap Jaringan Sosial secara parsial. Artinya Knowledge Management dan Reputasi memberikan kontribusi pada Jaringan Sosial pada lingkup JDS. Sedangkan berdasarkan hasil penelitian Analisis SNA, terdapat visualisasi pemodelan pemetaan jaringan Reputasi Pegawai JDS berdasarkan Knowledge Management yang dimiliki (dengan perangkingan). Pada jaringan tersebut terdapat 86 nodes, 517 edges, dan jaringan tersebut memiliki tipe graph, yaitu Directed graph. Dalam pemetaan jaringan tersebut dapat dilihat peringkat reputasi yang di memilki oleh pegawai JDS. Dimana karyawan dengan label nodes 19, 22, dan 67 dinilai memiliki reputasi yang baik dalam Instansi yang di pengaruhi oleh seberapa sering pemeran selalu mengelola pengetahuan dalam lingkup JDS. Kata Kunci: Knowledge Management, Reputasi Pribadi, Jaringan Sosial.

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN REPUTASI TERHADAP JARINGAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA JABAR DIGITAL SERVICE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALISYA MANDAWA PUTRI
Perorangan
Dian Indiyati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini