Pengolahan Motif Batik Kembang Turi Untuk Pengembangan Desain Batik Kampung Batik Kembang Turi Blitar

JENG OETARI

Informasi Dasar

20.04.3606
677
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kampung Batik Kembang Turi memiliki ciri khas motif yaitu motif Kembang Turi yang merupakan ciri khas nama Kelurahan Turi dan Motif Koi yang merupakan ciri khas Kota Blitar. Proses pembuatan batik di Kelurahan turi masih sederhana menggunakan teknik motif satu langkah dan proses pewarnaan yang sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan desain batik menjadi motif yang lebih inovatif pada pengolahan motifnya serta menghasilkan warna yang memiliki karakter dari Kampung Batik Kembang Turi.

Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan dan wawancara dengan perangkat Kampung Batik Kembang Turi yaitu ketua, sekretaris serta ketua Asosiasi Batik Blitar Asli. Kemudian melakukan eksperimen berupa eksplorasi pengolahan stilasi, pengolahan motif setengah langkah dan eksplorasi warna.

Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan motif yang lebih dinamis dan inovatif pada pengolahan motif satu langkah (square repeat) menjadi setengah langkah (half repeat) serta konsep warna sehingga terciptanya karakter motif dan warna yang dimiliki Kampung Batik Kembang Turi yang berpotensi untuk pengembangan Kampung Batik Kembang Turi serta menambah wawasan dalam pengembangan pola motif batik Blitar khususnya di Kelurahan Turi

Kata kunci : Batik Kembang Turi, Blitar, Kampung Batik Kembang Turi

Subjek

PATTERN DESIGN
 

Katalog

Pengolahan Motif Batik Kembang Turi Untuk Pengembangan Desain Batik Kampung Batik Kembang Turi Blitar
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JENG OETARI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Kabupaten Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini