Telkomsel adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan 156,8 juta pelanggan per akhir 2022. Telkomsel terus melakukan transformasi dan menawarkan berbagai macam layanan broadband dan produk digital. Pada Juli 2023 Telkomsel berhasil meluncurkan produk Telkomsel One yaitu layanan FMC (Fixed Mobile Convergence) yang merupakan penggabungan pengelolaan jaringan seluler dan jaringan tetap dalam satu atap. Paket Telkomsel One mencakup Orbit, IndiHome Halo hingga Telkomsel Prabayar.
Dalam Perjalanannya proses penetrasi Telkomsel One di market mengalami beberapa tantangan, diantaranya Cost per Leads (Biaya yang dikeluarkan ) untuk mendapatkan pelanggan Telkomsel One cukup besar, terjadinya penurunan penjualan, tingkat kesadaran merek yang rendah, kurangnya media promosi, selain itu masih belum kuatnya ekuitas merek dari Telkomsel One di market.
Penelitian kali ini untuk mengetahui dampak dari Social Media Instagram @telkomselone dan Brand Equity Telkomsel One serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pelanggan untuk menggunakan produk Telkomsel One. Data didapatkan dari 384 responden yang merupakan pengguna kartu prabayar, memiliki akun instagram dan sudah melihat konten pada Instagram @telkomselone. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dimana data primer yang diperoleh dari kuesioner dianalisis secara statistik menggunakan teknik pengolahan data yang diterapkan dalam prosedur analisis SEM PLS.
Temuan penelitian ini menunjukkan Social Media Instagram berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision. Variabel Social Media memiliki nilai t statistics sebesar 2.325 > t tabel = 1,96 dan nilai P-values = 0.020 < ?= 0,050. Nilai Path Coefficient variabel Social media adalah positif sebesar 0.163. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh Social Media Instagram terhadap purchase decision Telkomsel One
Brand Equity berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision. Variabel Brand Equity memiliki nilai t statistics sebesar 9.471 > t tabel = 1,96 dan nilai P-values = 0.000 < ?= 0,050. Nilai Path Coefficient variabel Brand Equity adalah positif sebesar 0.602. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh Brand Equity Telkomsel One terhadap purchase Decision Telkomsel One. Dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut berpengaruh kepada Purchase Decision menggunakan Produk Telkomsel One.
Kata Kunci : Sosial Media, Brand Equity, Purchase Decision