Aplikasi Algoritma Minimax Pada Perancangan Games Othello<br>(Minimax Algorithm Application On Design Of Game Othello)

Muhammad Akbar Wiguna

Informasi Dasar

113088030
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Game othello adalah game logic yang cukup terkenal yang berasal dari daerah jepang. Game ini dimainkan oleh dua orang. Game othello dimainkan pada arena papan kotak-kotak persegi dengan pin hitam dan putih di atas arena. Pin warna hitam harus melewati pin warna putih agar pin putih dapat diubah menjadi pin hitam dan sebaliknya. Permainan akan berakhir jika semua kotak arena sudah berisi pin, atau seluruh pin yang ada di atas arena berwarna sama. Pemenang adalah pemain yang memiliki jumlah pin yang lebih banyak di atas arena. Game ini menuntut artificial intelegence yang tinggi sehingga mulai tahun 1977 diadakan kejuaraan dunia hingga sekarang.

Game ini dibuat dalam 3 bantuk papan, 8x8, 14x14, dan 20x20. Game ini dirancang agar manusia dapat melawan Artificial Intelegence (AI). Oleh karena itu, pada sisi AI akan diterapkan algoritma minimax. Algoritma minimax merupakan algoritma khusus game yang menggunakan teknik adversarial search. Yaitu teknik menganalisis permainan berlawanan. Algoritma ini akan memaksimalkan posisi AI dan meminimalkan posisi human player. Algoritma minimax akan membaca kemungkinan langkah human player dan AI dalam bentuk tree. Kedalaman tree mempengaruhi kecerdasan AI dan performansi sistem. Pada tugas akhir ini, dilakukan analisis terhadap algoritma minimax, yaitu analisisi performansi sistem yang didapat dari kecepatan rata-rata waktu eksekusi sistem, dan analisis kecerdasan AI dengan melakukan uji coba terhadap 15 orang sebagai lawan AI.

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, Pada analisis performansi sistem, algoritma minimax membutuhkan waktu 2,089 detik pada kedalaman keempat dari tree algoritma minimax. Pada analisis kecerdasan, AI telah dapat memenangi permainan dengan persentase 60% pada kedalaman keempat dari tree algoritma minimax. Selain itu, kebutuhan memori algoritma minimax adalah sebesar 412 byte dikali jumlah maksimum node tree yang dibangun algoritma minimax.Kata Kunci : Game Othello, Algoritma MinimaxABSTRACT: Othello Game is a fairly well-known logic game which originated from the Japanese. The game is played by two people. Othello Game is played on the arena board square boxes with black and white pin above the arena. Black pin must pass through a white pin to pin white pin can be changed into black and vice versa. The game ends when all the arena box already contains a pin, or all pins are there on the arena of the same color. The winner is the player who has a greater number of pins on the arena. This game requires a high artificial intelligence that began in 1977 world championships were held today.

This game is made in 3 shape of the board, 8x8, 14x14, and 20x20. This game is designed for humans to fight Artificial Intelligence (AI). Therefore, on the side of the AI will apply minimax algorithm. Minimax algorithm is a special algorithm that uses a technique game adversarial search. That is the opposite technique to analyze the game. This algorithm will maximize the position of AI and minimize human position player. Minimax algorithm will read the possibility of human players and AI step in tree shape. The depth of the tree affects the intelligence of the AI and the system performance. In this thesis, an analysis of the minimax algorithm, system performance analysis obtained from the average speed of execution time systems, and analysis of intelligence with AI carried out tests on 15 people as opposed to AI.

Based on the observations that have been done, the system performance analysis, minimax algorithm takes 2.089 seconds on the fourth of the tree depth minimax algorithms. In intelligence analysis, the AI has to win the game with a percentage of 60% on the fourth of the tree depth minimax algorithms. In addition, the minimax algorithm the memory requirement of 412 bytes is multiplied by the maximum number of tree nodes that are built minimax algorithm.Keyword: Game Othello, Algoritma Minimax.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Aplikasi Algoritma Minimax Pada Perancangan Games Othello
(Minimax Algorithm Application On Design Of Game Othello)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Akbar Wiguna
Perorangan
Agung Toto Wibowo, Endro Ariyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini