Perancangan Public Service Announcement (PSA) Sebagai Media Kampanye Anti Polusi Visual Akibat Iklan Outdoor. Perancangan Karya Tugas Akhir: Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom tahun 2014.
Perancangan tugas akhir ini berangkat dari permasalahan dalam fenomena polusi visual yang diakibatkan periklanan outdoor. Dengan kurangnya kesadaran masyarakat terutama pelaku terhadap dampak-dampak yang dihasilkan, maka permasalahan tersebut sulit untuk diselesaikan. Atas dasar tersebut, dalam perancangan tugas akhir ini dibuat sebuah kampanye sosial dengan menggunakan media public service announcement (PSA) untuk menimbulkan kesadaran masyarakat terhadap dampak yang ditimbulkan iklan-iklan outdoor pada lingkungan.
Media kampanye tersebut dirancang berdasarkan pengumpulan dan penelitian data yang diimplementasikan pada konsep atau strategi perancangannya. Beberapa diantaranya adalah seputar kampanye, PSA, animasi, polusi visual, iklan outdoor, dan data atau teori lainnya seputar desain komunikasi visual. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, kuesioner, dan studi pustaka terhadap objek penelitian, keadaan lapangan, dan pelaku.
Hasil yang ditemukan dalam penelitian dan perancangan media kampanye ini menemukan, bahwa masyarakat masih kurang mengetahui tentang polusi visual yang diakibatkan iklan outdoor dan PSA dengan penggayaan animasi 2D cukup digemari masyarakat usia dewasa (21 tahub keatas).
Kata kunci: perancangan, kampanye, public service announcement (PSA), animasi, polusi visual, iklan outdoor.