Telkom University Open Library
Telkom University Open Library adalah brand untuk Unit Sumber Daya Keilmuan & Perpustakaan (SDK & Perpustakaan) Telkom University yang berada di bawah Wakil Rektor I. Telkom University Open Library memiliki visi "Menjadi leader dari pusat ilmu dan pengetahuan berbasis teknologi informasi"
Untuk mencapai visi tersebut, maka SDK & Perpustakaan Telkom University mengusung misi sebagai berikut:
1. Berperan aktif dalam melakukan akuisisi pengetahuan, mengelola pengetahuan, dan berbagi pengetahuan.
2. Berperan aktif dalam meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat
3. Bekerja sama dengan semua instansi dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan.
Telkom University Open Library memiliki lebih dari 93.404 judul koleksi dengan jumlah eksemplar 147.790 eksemplar, dan telah mendapatkan akreditasi "A" dari Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2015. Sejak 2014 SDK & Perpustakaan Telkom University telah mengembangkan konsep "open library" yang terdiri dari 3 (tiga) pokok pemikiran, yaitu:
1. Open untuk menerima semua jenis knowledge
2. Open untuk berbagi knowledge dengan knowledge management lain
3. Open untuk siapa pun yang ingin belajar
Dalam pelaksanaan operasionalnya, konsep "Open Library" didukung oleh pengembangan teknologi informasi sistem perpustakaan, untuk senantiasa meningkatkan layanan, database, dan koleksi perpustakaan. Telkom University juga ingin perpustakaannya dapat bermanfaat sebesar mungkin dan sebanyak mungkin bagi sivitas dan warga Telkom University serta masyarakat luas. Oleh karena itu, Telkom University Open Library menggagas juga kegiatan-kegiatan untuk menggerakkan literasi seperti "Telkom University Literacy Event", "Library Open Discussion", penggalangan donasi buku, program perpustakaan binaan di beberapa daerah terpencil, serta mengedukasi anti-plagiarisme.
Stuktur Organisasi
SDK & Perpustakaan Telkom University dikelola oleh seorang Kepala Bagian/ Unit yang membawahi dua urusan pekerjaan yaitu Urusan Pengembangan Bahan Pustaka dan Database (bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan mengembangkan database dan bahan pustaka) dan Urusan Administrasi dan Layanan Pustaka (bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan dan mengelola administrasi dan layanan di perpustakaan) dengan jumlah staf perpustakaan sebanyak 12 orang terdiri dari pustakawan dan staf non-pustakawan.
SK Logo dan Sistem Open Library
Jenis Layanan Perpustakaan:
5. Layanan Ruang Diskusi & Mini Teater
6. Layanan Reservasi Ruang Diskusi (Online)
7. Layanan Infografis (Penyediaan Informasi Terkait Layanan)
8. Layanan User Education (Mahasiswa Baru)
10. Layanan Unggah Mandiri Tugas Akhir/Skripsi/Tesis
11. Layanan Approval Tugas Akhir/Skripsi/Tesis
12. Layanan Penyediaan Data Akreditasi Prodi (OLAFA)
14. Layanan Akses Koleksi Digital
16. Layanan Akses Koleksi Digital (Flipping Book)
17. Layanan Registrasi Online (Sign Up) bagi Non Civitas Akademika Tel-U
18. Layanan Upload Laporan Kerja Praktek/Magang
19. Layanan Pembuatan No. ISBN buku terbitan Tel-U Press
20. Layanan Bank Indonesia Corner
21. Layanan Komisi Pemberantasan Korupsi Corner (KPK)
22. Layanan Loker dan Tas Pengunjung