Universitas Telkom (Tel-U), Bandung sebagai salah satu universitas yang berada dibawah naungan lembaga Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang memiliki 7 fakultas dengan 27 program studi termasuk salah satunya adalah program studi ilmu Administrasi Bisnis (Adbis). Sebagai universitas baru, kampus ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat mahasiswa mendaftar di Universitas Telkom (Tel-U) dan pada akhirnya memilih Tel-U sebagai kampus pilihannya.
Elemen-elemen dan faktor-faktor pengambilan keputusan mendaftar di institusi pendidikan tinggi swasta yang dimaksudkan menggunakan lima teori pengambilan keputusan Carl Wagner (2009), A. Kusumawati (2010), Cathy D. Herren (2011), Md. Abdullah Al Jamil (2012) dan Dr. Raja Irfan Sabir (2013) yang dikombinasikan menjadi 12 elemen. 12 elemen tersebut menjadi variabel dalam penelitian ini, yang terdiri dari Price; Program pendidikan (gelar); Kedekatan lokasi; Aspek fisik, fasilitas, dan Sumber daya; Nilai dan kualitas pendidikan; Reputasi universitas; Sumber informasi institusi; Orang-orang berpengaruh; Prospek kerja; Lingkungan kampus; Psikologis (politik pelajar); Tes masuk.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksplorative dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi atau sensus, yang mana responden terdiri dari 288 mahasiswa strata satu program studi ilmu Administrasi Bisnis (Adbis) angkatan 2014. Namun setelah data disebar, ternyata sebesar 275 responden yang hadir. Sisanya sebesar 12 orang responden tidak terkumpul dengan suatu alasan dan 1 orang yang tidak melengkapi kuesioner. Kuesioner penelitian ini memiliki 78 pernyataan. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis faktor dengan bantuan IBM SPSS 20.
Penelitian ini menghasilkan dua faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan mendaftar di Universitas Telkom (Tel-U) pada mahasiswa strata satu prodi ilmu Adbis angkatan 2014 yang diperoleh mlealui proses analisis faktor. Kedua faktor tersebut adalah faktor reputasi universitas dan prospek kerja sebesar 51,208% dan faktor kedekatan lokasi sebesar 9,011%. Total keseluruhan adalah 60,219% sehingga terdapat faktor lain sebesar 39,781% yang juga mempengaruhi mahasiswa mendaftar di Universitas Telkom (Tel-U).
Kata kunci: Kriteria Pemilihan, Pengambilan Keputusan Mahasiswa, Analisis faktor.