Zaman sekarang ini bisa disebut sebagai zaman berkembangnya teknologi.
Internet dan gadget sudah tidak bisa terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Para
pemimpin bisnis berfokus pada dampak potensial dari internet terhadap pasar dan
terhadap perilaku bisnis di masa depan. Dengan semakin berkembangnya teknologi
internet, perusahaan semakin di untungkan dengan menciptakan electronic-word of
mouth untuk penawaran mereka. Path merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial pada
gadget yang di Indonesia sendiri penggunanya terbanyak di dunia. Path menjadi
media sosial yang di gemari banyak orang terutama anak muda. Saat ini pada media
sosial path sedang marak produk minuman yang bermerek Addic’tea. Addic’tea
merupakan produk minuman yang segmentasinya adalah anak muda, sehingga tidak
mengherankan Addic’tea menjadi trending.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana electronicword
of mouth pada media path untuk produk Addic’tea dan untuk mengetahui faktor
apa saja yang membentuk electronic-word of mouth pada media path untuk produk
Addic’tea.
Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Administrasi
Bisnis Universitas Telkom yang berjumlah 213 sampel. Penelitian ini termasuk dalam
penelitian deskriptif dan menggunakan analisis kuantitatif. Variabel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah electronic-word of mouth dengan 21 indikator dan metode
penelitian menggunakan analisis faktor.
Dari 21 indikator awal 67,654% dapat diwakili oleh enam faktor baru yang
terbentuk. Enam faktor baru tersebut adalah mewakili yaitu, Faktor Perceived
Popularity of Product, eWOM Review Credibility, Social Usefulness, Perceived
Informativeness of Message, Willingness to Recommend, dan Product Choice.
Berdasarkan hasil analisis eWOM pada media sosial path untuk produk
Addic’tea dapat disimpulkan bahwa kondisi eWOM sudah baik namun lebih baik
perusahaan meningkatkannya lagi agar menjadi sempurna.