Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Kafe Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Jalan Bengawan Bandung

MEIKA PUTRA PRATAMA

Informasi Dasar

102 kali
15.04.093
658.83
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kota Bandung selain mempunyai banyak objek wisata alam maupun objek wisata sejarah, Kota Bandung pun menawarkan pengalaman berwisata yang menarik yaitu wisata belanja pakaian (factory outlet) dan wisata kuliner. Wisata kuliner dipilih para wisatawan karena Bandung dikenal dengan suasana yang sejuk dan tempat yang tepat untuk berwisata kuliner. Maka dari itu para pelaku bisnis berlomba-lomba membuka usaha di bidang kuliner. Usaha kuliner kota Bandung pun sangat bermacam-macam mulai dari kafe atau coffee shop, restoran, food court, sampai pedagang kaki lima. Penelitian ini bertujuan menganalisis servicescape didalamnya terdapat ambient condition, spatial layout and functionality, dan signs, symbol and artifact secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Kafe Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Jalan Bengawan Bandung. Servicescape merupakan segala sesuatu yang secara fisik hadir di sekitar konsumen selama pertemuan transakasi layanan jasa. (Hightower,2009:381) Servicesape adalah lingkungan dimana jasa disampaikan dan dimana perusahan dan konsumennya berinteraksi, serta setiap komponen berwujud yang memfasilitasi penampilan atau komunikasi dari jasa. (Zeithmal dan Bitner, 2009:313). Kepuasaan/ketidakpuasan secara linguistik, satisfaction berasal dari bahasa latin yaitu satis yang berarti cukup dan facere melakukan atau membuat lebih dari kecukupan. Berdasarkan pendekatan linguistic ini maka kepuasan dapat diartikan bahwa produk atau jasa yang mampu memberikan lebih dari pada yang diharapkan konsumen. (Oliver, 1997 dalam buku Ignatius dan Arrina ,2012:427) Sampel menggunakan teknik non probabilitas dengan cara insidental sampling, sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa servicescape yang dihasilkan dari dimensi ambient condition, spatial layout and functionality, dan signs, symbol and artifact secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 74,6%. Faktor yang paling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Kafe Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Jalan Bengawan Bandung adalah Spatial Layout and Functionality dengan nilai t hitung sebesar 10,262 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,518. Konsumen memberikan penilaian yang baik terhadap pelaksanaan Servicescape Kafe Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Jalan Bengawan Bandung karena variabel tersebut berada pada kategori baik yaitu dengan persentase rata-rata sebesar 74,6%. Dan Kepuasan konsumen Kafe Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Jalan Bengawan Bandung dinilai baik karena pada kategori baik (garis kontinum) yaitu dengan persentase sebesar 78,1%.

Kata Kunci : Servicescape, Kepuasan Konsumen, Regresi Linear

Subjek

MARKET RESEARCH
 

Katalog

Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Kafe Roti Gempol dan Kopi Anjis Cabang Jalan Bengawan Bandung
 
73p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEIKA PUTRA PRATAMA
Perorangan
Retno Setyorini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini