PROMOSI BUTIK ONLINE GERAI HAWA
DI KOTA BANDUNG
Muhammad Ikbal Azwar 1 ; Ilhamsyah 2 ; Iman Sumargono 3
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom
ABSTRAK
Gerai Hawa merupakan bisnis butik online yang berdiri pada tahun 2013,
Butik online Gerai Hawa menawarkan busana muslim yang mengusung konsep
desain simple dengan sentuhan busana casual yang bisa menjadi pakaian untuk
aktifitas sehari-sehari dengan menitik beratkan pada produk desain dengan
perpaduan spesifikasi bahan jahitan dua lapis yang bertujuan untuk meminimalisir
resiko tembus pandang (Teuku Wisnu, pemilik butik online Gerai Hawa).
Permasalahan yang diangkat dalam penulisan tugas akhir ini adalah
Kurangnya strategi promosi yang dilakukan oleh butik online Gerai Hawa dalam
menyikapi pesatnya perkembangan fashion busana muslim yang berdampak
dengan meningkatnya daya saing produk terhadap butik-butik busana muslim dan
tidak adanya media promosi yang efektif dari butik online Gerai hawa untuk dapat
menonjolkan keunggulan produk dan memberikan kemudahan bagi konsumen
dalam melakukan pembelian.
Setelah dilakukan penelitian dengan cara observasi, wawancara dan study
pustaka, maka didapatkan solusi dari permasalahan tersebut, yaitu perancangan
media yang terdiri dari application mobile, print ad, dan booth. Dan strategi dalam
mempromosikan media tersebut menggunakan strategi kreatif AISAS.
Keilmuan Desain Komunikasi Visual (DKV) dijadikan sebagai acuan dalam
perancangan media promosi ini. Media promosi yang telah dirancang adalah media
yang sangat efektif untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam
melakukan pembelian.
Kata Kunci: Butik, Busana Muslim, Gerai Hawa, Promosi.
ONLINE BOUTIQUE PROMOTION GERAI HAWA
IN BANDUNG
Muhammad Ikbal Azwar 1 ; Ilhamsyah 2 ; Iman Sumargono 3
Field of Study Communication Design
Creative Industry School, University of Telkom
ABSTRAK
Gerai Hawa is an online boutique business which was found in the year of
2013, the online boutique is offering a Moslem Eve fashion and brought the concept
of a simple design with a touch of casual clothing that can be wear for everyday
outlook and activities by focusing on the product design itself with a blend of two
layers suture material specifications in order to minimize the risk of invisibility
(Teuku Wisnu, the owner of the online boutique Gerai Hawa).
The issues which raised in this thesis is the lack of promotion strategies
undertaken by the online boutique Gerai Hawa in addressing the rapid development
of fashion Moslem and impacted on increasing the competitiveness of the Muslim
fashion boutiques and the no effectiveness on media campaign of online boutique
outlets for being able to highlight the advantages of the product itself and makes it
easy for consumers to purchase the product, in this case is the clothing.
After the reseach that has been done by doing an observation, interview and
literature study method, the solution is found for these problems, which is media
designing consist of mobile application, print ad, and booth. The strategies in
promoting the media is using creative strategies AISAS.
The study of Visual Communication Design used as a refrence in the design
for this promotion media. All of promotion media that has been designed are very
effective media in order to make it easy for consumers to make purchases.
Keywords: Boutique, Clothing, Gerai Hawa, Promotion