Cerita rakyat Indonesia juga merupakan salah satu identitas dari bangsa Indonesia itu sendiri, namun dilihat dari perkembangannya saat ini, cerita-cerita rakyat mulai kurang populer. Adanya dominasi komik-komik impor yang menyajikan dan mengemas cerita dan ilustrasi menarik juga menjadi salah satu alasan mengapa Cerita rakyat dan komik lokal Indonesia kalah populer di bandingkan dengan komik-komik impor. Namun perkembangan industri komik di Indonesia yang saat ini mulai maju dapat menjadi peluang untuk kembali mengangkat komik-komik Indonesia, dan menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai media untuk kembali menyampaikan cerita-cerita rakyat Indonesia.
Dengan mengangkat tema cerita rakyat ini sekiranya dapat kembali mempopulerkan cerita rakyat tersebut,dan melalui pengembangan cerita dapat memunculkan kesan baru pada karakter dan cerita rakyat Indonesia dan diharapkan nantinya dapat bersaing dengan komik-komik impor. Dengan proses pengumpulan data dengan melihat respon dan tanggapan pembaca sehingga nantinya dapat menentukan konsep perancangan yang tepat
Pesan moral yang ada pada cerita rakyat juga menjadi identitas dari cerita rakyat itu sendiri. Namun agar pesan dapat tersampaikan, maka di perlukan sebuah gaya penyampaian cerita yang cocok untuk remaja saat ini. Karena itu karya perancangan terfokus yang terfokus pada media komik ini, visualisasi pada karakter yang ada pada cerita rakyat sebelumnya mengalami perubahan visualisasi pada karakter yang ada pada cerita rakyat sebelumnya, untuk memunculkan kesan modern dan casual, sehingga nantinya dapat menarik perhatian pembaca yang di fokuskan pada usia remaja.