MOOC (Masive Open Online Course) merupakan metode pembelajaran online yang mengandalkan konten digital sebagai media pembelajaran. Jumlah user atau pelajar pada MOOC bisa mencapai ratusan, ribuan, hingga ratusan ribu. Jumlah yang banyak ini akan membutuhkan manajemen konten yang optimal. Jumlah pelajar yang banyak akan membuat data statistik menjadi kurang komprehensif. Visulisasi data merupakan cara untuk menjadikan data agar lebih komprehensif. Penilaian hasil pembelajaran mahasiswa adalah hal yang biasa dilakukan oleh seroang dosen atau staf pengajar dan merupakan salah stu data statistik yang sering diterima oleh mahasiswa. Nilai tersebut menjadi ukuran keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran suatu mata kuliah baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Oleh karena itu, maka diperlukan merubah bentuk nilai menjadi visual, dalam hal ini infografis, dengan memilih mata kuliah eksperimen Entrepreneurship Prodi Administrasi Bisnis, Fakukultas Komunikasi Bisnis, Telkom University.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deksriptif studi kasus. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling yaitu snowball sampling. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini ialah lewat wawancara, studi literatur, dan analisis konten dokumen.
Hasil penelitian ini adalah mengetahui konten atau item infografis apa yang ditampilkan sebagai alternatif bentuk nilai mahasiswa. Selain itu juga membahas bagaimana memilih grafis fisual berdasarkan jenis data yang digunakan untuk menilai mahasiswa. Selanjutnya penelitian ini juga menghasilkan kerangka kerja atau framework untuk membuat infografis sebagai alternatif bentuk nilai mahasiswa.
Kata Kunci: Manajemen Konten, Nilai, Penilaian, Data Visualization, Infographics, Entreupreneurship, E-learning, MOOC.