Event banyak diselenggarakan untuk memperingati hari-hari penting dalam kehidupan umat manusia yang dilaksanakan dengan tujuan tertentu serta melibatkan lingkungan masyarakat yang diselenggarakan pada waktu tertentu. Dengan berkembangannya teknologi, media untuk mempromosikan event juga turut berkembang. Salah satu dampak yang dirasakan adalah semakin mudahnya manusia dalam mengakses informasi event kapanpun dan dimanapun. Aplikasi mobile event yang memuat informasi event sudah banyak ditemukan di internet. Namun, aplikasi mobile event yang ada saat ini belum mengakomodasi pengguna dalam mendaftarkan diri di suatu event (crowdsourcing). Informasi event yang diadakan diharapkan bukan hanya dari satu pihak tapi dari berbagai pihak.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibangun sebuah aplikasi mobile event yang bisa menjadi wadah berbagi antara masyarakat Indonesia. Penerapan konsep crowdsourcing pada aplikasi mobile event android berfungsi untuk memberikan kesempatan pada pengunjung untuk berbagi informasi tentang event dan melakukan proses pendaftaran event. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode iterative & incremental. Di dalam metode iterative & incremental terdapat 4 fase yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Analisis dan perancangan dari aplikasi mobile event ini menggunakan UML dan bahasa pemrograman Java Android.
Selanjutnya aplikasi mobile yang telah dikembangkan diuji dengan melakukan pengujian fungsionalitas sistem dan feedback user. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun telah sesuai dengan perancangan sistem dan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi mobile crowdsourcing event dapat mempermudah pengguna untuk berbagi informasi event, mempermudah dalam pencarian informasi event, dan mendaftarkan diri di suatu event. Saran untuk penelitian adalah Aplikasi mobile crowdsourcing ini ditambahkan fitur chatting untuk interaksi antar user secara realtime, ditambahkan fitur peta lokasi event yang bisa mendeteksi lokasi event dan lokasi pengguna saat mengakses aplikasi, serta layanan broadcast sms melalui aplikasi mobile event dari penyelenggara event kepada para peserta.
Kata Kunci : crowdsourcing, android, event.