Salah satu cara untuk mengatasi pengangguran adalah dengan berwirausaha. Bisnis online sudah mulai berkembang, dan ini menjadi metode baru dalam berbisnis, terlebih dengan adanya perangkat mobile. Kaskus sebagai situs lokal no.1 di Indonesia memiliki peran penting dalam menciptakan entrepreneur dan unique features dari mobile commerce Kaskus adalah Ubiquity, Convenience, Accessibility, dan Personalization.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap unique features mobile commerce Kaskus dan minat berwirausaha online serta mengetahui pengaruh antara unique features mobile commerce Kaskus terhadap minat berwirausaha online. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik purposive sampling kepada 400 mahasiswa Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi responden terhadap unique features mobile commerce Kaskus dan minat berwirausaha online berada di kategori tinggi, kemudian unique features mobile commerce Kaskus memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha sebesar 63,8% dan Personalization sebagai variabel yang memiliki korelasi tertinggi dengan minat berwirausaha online.